Bupati Kotim jadikan halalbihalal sarana mempererat kebersamaan dengan masyarakat

id Bupati Kotimjadikan halal bihalal sarana mempererat kebersamaan dengan masyarakat, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pemkab kotim, Bupati k

Bupati Kotim jadikan halalbihalal sarana mempererat kebersamaan dengan masyarakat

Bupati Kotim Halikinnor duduk lesehan bercengkrama dengan sejumlah warga yang hadir dalam acara halal bihalal di rumah jabatan bupati, Sabtu (20/4/2024). ANTARA/Devita Maulina.

Sampit (ANTARA) - Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Halikinnor menggelar acara halal bihalal sebagai bentuk penyempurnaan ibadah puasa selama Ramadhan, sekaligus lebih mempererat kebersamaan dengan masyarakat. 

“Kami menggelar halal bihalal bersama warga, tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk bersilaturahim. Semoga kita bisa saling memaafkan dan mengikhlaskan, sehingga harapannya sempurnalah ibadah puasa kita selama sebulan penuh,” kata Halikinnor di Sampit, Sabtu.

Ia menyampaikan, acara ini adalah kesempatan untuk bersilaturahim dan bercengkrama dengan warga masyarakat baik yang sudah datang pada acara open house Hari Raya Idul Fitri  maupun yang belum sempat datang.

Halal bihalal yang digelar di aula rumah jabatan bupati tersebut tidak menggunakan undangan khusus, melainkan hanya dari mulut ke mulut dan pesan seluler. Kendati demikian, antusias masyarakat cukup besar. 

Tamu yang datang bukan hanya dari Kota Sampit, tapi dari kecamatan luar kota seperti Kota Besi, Mentaya Hulu, Mentaya Hilir Selatan dan Teluk Sampit. Sebagai tuan rumah, Halikinnor pun berterima kasih dan menyambut baik kedatangan warga.

“Melalui acara ini harapan kita hubungan antara pemerintah daerah dengan masyarakat akan semakin baik. Sehingga, Kotim yang sudah aman dan kondusif pasca Pemilu 2024 akan terus terjaga. Kotim selalu aman dan semakin maju,” tuturnya.

Baca juga: BMKG: Kotim memasuki pancaroba, waspada perubahan cuaca

Halikinnor melanjutkan, acara halalbihalal juga menjadi momentum bertukar informasi dengan masyarakat. Salah satu pembahasan yang menjadi sorotannya adalah permintaan warga di eks lokalisasi Jalan Jenderal Sudirman Km 12, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Warga telah puluhan tahun menetap di kawasan eks lokalisasi tersebut tanpa status kepemilikan tanah yang jelas. Menanggapi hal tersebut, Halikinnor menyampaikan akan membuat kebijakan untuk menghibahkan tanah yang ada rumah atau bangunan milik warga.

“Rencananya di sana itu akan kita hibahkan, bahkan saya minta agar dianggarkan supaya warga bisa mendapat sertifikat dari pemerintah daerah tanpa perlu keluar biaya lagi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Halikinnor kembali meminta kepada warga, khususnya Ketua RT dan RW, untuk selalu memonitor kondisi warga yang kurang mampu, terutama yang terkendala untuk sekolah dan pelayanan kesehatan. Pemerintah daerah berkomitmen dalam meningkatkan bidang pendidikan dan kesehatan di Kotim.

Orang nomor satu di Kotim ini juga meminta masyarakat turut mendukung program pemerintah, seperti kegiatan pengerukan sungai dalam kota. Apabila ada rumah yang masih menjorok ke sungai agar dapat dibongkar, supaya proses pengerukan bisa berjalan. Tujuan pengerukan ini demi kepentingan bersama, yakni mengatasi banjir dalam kota.

“Itulah manfaat lain dari halal bi halal ini, supaya kita bisa tukar informasi. Kami pemerintah daerah juga perlu dukungan dari masyarakat supaya program-program yang kita susun bisa berjalan dengan baik demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” demikian Halikinnor.

Baca juga: Wabup Kotim kecam tindakan asusila terhadap dua anak kandung

Baca juga: DPRD minta Pemkab Kotim dampingi korban asusila di bawah umur

Baca juga: Perbaikan jalan Tanjung Jariangau-Bawan-Kuala Kuayan tetap berlanjut