Hari Raya Haring Kaharingan harus perkokoh kebersamaan di Gumas

id Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong, Gunung Mas, kalteng, Hari Raya Haring Kaharingan, kaharingan

Hari Raya Haring Kaharingan harus perkokoh kebersamaan di Gumas

Bupati Gumas Jaya S Monong menyampaikan sambutan saat Safari Hari Raya Haring Kaharingan di Desa Sepang Kota Kecamatan Sepang, Selasa (7/5/2024). ANTARA/HO-Diskominfosantik Gumas

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong berharap Hari Raya Haring Kaharingan dapat memperkokoh rasa kebersamaan antara pemerintah daerah dengan masyarakat, khususnya umat Hindu Kaharingan.

Diharapkan juga dapat menumbuhkan serta mengembangkan kesadaran dan rasa memiliki suatu agama bagi umat Hindu Kaharingan, kata Jaya saat Safari Haring Kaharingan di Desa Sepang Kota Kecamatan Sepang, Selasa.

"Dengan demikian dapat terwujud persatuan dan kesatuan, kesejahteraan serta keadilan yang merata bagi umat beragama," tambahnya.

Menurut dirinya, Hari Raya Haring Kaharingan merupakan salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, sekaligus membangun hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan serta dengan sesama manusia.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Gumas ini menyampaikan, kehidupan yang harmonis juga dapat terwujud jika semua manusia saling menghormati dan saling menjaga toleransi antar sesama manusia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Gumas Richard mengatakan bahwa Safari Haring Kaharingan 2024 dilakukan di 12 kecamatan, yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

Safari Haring Kaharingan 2024 dimulai di Desa Sepang Kota Kecamatan Sepang dan dilanjutkan di Kelurahan Kampuri Kecamatan Mihing Raya pada Selasa (7/5).  Lalu di Kelurahan Tewah Kecamatan Tewah dan di Desa Petak Bahandang Kecamatan Kurun pada Rabu (8/5).

Baca juga: Berikut syarat calon perseorangan Pilkada Gunung Mas 2024

Kemudian di Kelurahan Tumbang Rahuyan Kecamatan Rungan Hulu dan di Kelurahan Jakatan Raya Kecamatan Rungan pada Senin (13/5). Di Kelurahan Rabambang Kecamatan Rungan Barat dan di Desa Tangki Dahuyan Kecamatan Manuhing pada Selasa (14/5).

Di Kelurahan Tehang Kecamatan Manuhing Raya pada Rabu (15/5), di Kelurahan Tumbang Marikoi Kecamatan Damang Batu pada Kamis (16/5), dan di Kelurahan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara pada Kamis (16/5).

“Safari Haring Kaharingan 2024 dijadwalkan berakhir di Kelurahan Tumbang Napoi Kecamatan Miri Manasa pada Jumat (17/5),” demikian Richard.

Baca juga: Pemkab ajak PKK Gumas berperan aktif wujudkan keluarga mandiri

Baca juga: Bupati Gumas berharap lomba Giat Penggalang tumbuhkan rasa persaudaraan

Baca juga: Bupati Gumas berharap kejurnas grasstrack memotivasi pembalap lokal