Disdik apresiasi UMC Sempoa Sampit turut harumkan dunia pendidikan di Kotim

id Disdik apresiasi UMC Sempoa Sampit turut harumkan dunia pendidikan di Kotim, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, disdik kotim, Irfansyah

Disdik apresiasi UMC Sempoa Sampit turut harumkan dunia pendidikan di Kotim

Foto bersama Wakil Bupati Kotim Irawati, Kepala Dinas Pendidikan, dan sejumlah pejabat daerah dengan anak-anak UMC Sempoa Sampit beberapa waktu lalu. ANTARA/Devita Maulina ​​​​​​​

Sampit (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Muhammad Irfansyah menyampaikan apresiasi kepada Universal Megabrain Center (UMC) Sempoa Sampit yang turut mengharumkan nama Kotim di dunia pendidikan. 

“Alhamdulillah, belum lama ini Sempoa Sampit mengikuti kejuaraan tingkat ASIA. Meskipun, itu kan lembaga pendidikan resmi tapi kami tetap mendukung dan mengapresiasi,” kata Irfansyah di Sampit, Sabtu. 

UMC Sempoa merupakan usaha jasa pendidikan luar sekolah yang memiliki program belajar membuat anak bisa menghitung dengan cepat dengan mendorong fungsi otak kanan anak menjadi lebih efektif, sehingga elemen otak lainnya juga dapat bekerja lebih optimal.

UMC Sempoa Sampit merupakan satu-satunya di Kalimantan Tengah dan telah beberapa kali mengikuti perlombaan hingga ke taraf internasional. 

Salah satunya, pada kompetisi Universal Concept of Mental Arithmetic System (UCMAS) Sempoa di Kuala Lumpur, Malaysia pada Desember 2023 lalu. Sebanyak sembilan anak dari UMC Sempoa Sampit berhasil menorehkan prestasi. 

Lebih membanggakan lagi, dari 100 anak yang mewakili Indonesia dalam ajang tersebut seorang anak dari Kotim berhasil meraih predikat champion atau juara 1, yakni atas nama Farid Fathoni. 

“Prestasi ini menunjukkan bahwa potensi yang dimiliki anak-anak kita di Kotim tak kalah dengan daerah lain. Ini yang perlu kita asah dan kembangkan,” ucapnya. 

Baca juga: Lokasi dadakan penjualan sapi bermunculan di Sampit jelang Idul Adha

Sementara itu, pemilik UMC Sempoa Sampit, Erni Susilowati mengaku sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah yang selalu memberikan dukungan bagi anak-anak didik mereka. Salah satunya, memberikan bantuan transportasi ketika anak-anak didik UMC Sampit akan mengikuti kompetisi. 

“Dengan support dari pemerintah daerah tentunya menambah semangat kami, sehingga mampu meraih prestasi hingga ke tingkat dunia. Semoga dukungan dan kerja sama ini terus berlanjut kedepannya,” demikian Erni. 

Diketahui, Farid Fathoni merupakan siswa yang bersekolah di Sekolah Dasar (SD) Islam Terpadu (IT) Arafah Sampit. Ia berhasil menjuarai kategori E pada kompetisi UCMAS Sempoa se-ASIA. 

Sementara, delapan pelajar lain yang mewakili Kalimantan Tengah, khususnya Kotim dalam ajang tersebut dan berhasil meraih prestasi antara lain, Muhammad Fadhiil Riski Putera Agni dari SMPN 1 Sampit, 3rd Runner Up Kategori A2

Pranaza Rakha Yudha dari MIN Kotim Sampit, 2nd Runner Up Kategori Kategori B. Adhinesty Wintang Gatari dari SD IT Arafah Sampit, 2nd Runner Up kategori C. Aurel Rieska Fenita dari SMPN 1 Sampit, 2nd Runner Up Kategori C. Nicholas Ichiro Cioko, 1st Runner Up Kategori C 6. 

Selanjutnya, Getha Trevina Gultom dari SMP Katolik St. Albertus Sampit, 3rd Runner Up kategori C. Aqila Najla Sophia dari SD IT Arafah Sampit, 2nd Runner Up kategori D. Danendra Noval Khiar dari MIN Kotim Sampit, 3rd Runner Up kategori D.

Baca juga: Dishub Kotim tindaklanjuti kerusakan dermaga penyeberangan

Baca juga: Disdik dampingi 84 PAUD di Kotim raih akreditasi

Baca juga: Dinkes sebut tahun 2027 semua desa di Kotim harus miliki pustu