Kepala Dinas PUPR Kalteng bingung penghancuran gedung KONI baru bermasalah sekarang

id Dinas PUPR Kalimantan Tengah, Shalahuddin, PUPR Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah, gedung koni kalteng, penghancuran gedung koni Kalteng

Kepala Dinas PUPR Kalteng bingung penghancuran gedung KONI baru bermasalah sekarang

Kepala Dinas PUPR Kalimantan Tengah Shalahuddin saat diwawancarai sejumlah wartawan di Palangka Raya, Kamis (16/5/2024). ANTARA/Arif Hidayat.

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Tengah Shalahuddin mengaku bingung kenapa rencana penghancuran gedung KONI Kalteng, baru sekarang bermasalah dan muncul dugaan sebagai cagar budaya.

Membangun ruang terbuka hijau (RTH) di atas lahan dan gedung KONI Kalteng yang terintegrasi dengan Bundaran Besar Kota Palangka Raya telah direncanakan sejak tahun 2021, kata Shalahuddin di Palangka Raya, Kamis.

"Pada tahun 2021 kami pun sudah undang para tokoh yang ada di provinsi ini untuk membahas rencana tersebut, tidak ada penolakan," ucapnya.

Bahkan, lanjut dia, peraturan daerah (Perda) Kalteng nomor 2 Tahun 2021 terkait rencana pembangunan menara Bank Kalteng pun ada menyebutkan untuk menghancurkan Gedung KONI Kalteng. Namun pada saat itu tidak ada muncul gedung KONI sebagai cagar budaya.

"Setelah kita mau membangun RTH dan menghancurkan gedung KONI Kalteng, tiba-tiba muncul surat dari Kemendikbudristek pada Desember 2023 yang menyatakan gedung KONI Kalteng diduga cagar budaya," beber Shalahuddin.

Baca juga: Wagub Kalteng: Ada keinginan RTH dan tempat bermain di Bundaran Besar

Dirinya pun merasa aneh dengan surat dari Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) terkait dugaan gedung KONI Kalteng sebagai cagar budaya. Sebab, tidak ada koordinasi dengan pemerintah provinsi sebagai tuan rumah sekaligus pemilik aset gedung KONI Kalteng tersebut.

Meski begitu, Dinas PUPR Kalteng telah memberikan penjelasan kepada Kemendikbudristek terkait rencana ruang terbuka hijau (RTH) di atas lahan dan gedung KONI Kalteng itu. Di mana pembangunan RTH tersebut telah direncanakan sejak lama dan telah dilakukan studi kelayakan, termasuk meminta pandangan para tokoh.

"Kami juga menanyakan apa kriteria gedung KONI Kalteng sebagai cagar budaya. Sampai saat ini belum ada yang bisa menjawab dari Kemendikbudristek," demikian Salahuddin.

Baca juga: Pemprov Kalteng diminta bahas bersama wacana pembongkaran gedung KONI