Pj Bupati minta seluruh parpol semakin optimal dukung kegiatan pilkadadi Kapuas

id Penjabat Bupati Kapuas, Pj Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, Kapuas, Kalteng, pilkada, pilkada kapuas

Pj Bupati minta seluruh parpol semakin optimal dukung kegiatan pilkadadi Kapuas

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi bersama jajaran KPU Provinsi Kalteng dan KPU Kapuas, melakukan Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2024 yang berlangsung di Lapangan Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Minggu (19/5/2024) malam. ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi meminta kepada seluruh tokoh dan organisasi masyarakat, termasuk partai politik serta komponen lainnya, agar semakin optimal dalam mendukung setiap pelaksanaan kegiatan pemilihan kepala daerah (pilkada) akan dilaksanakan pada tahun 2024. 

Dukungan juga perlu diberikan kepada KPU sebagai penyelenggara Pemilu agar bisa bekerja sesuai dengan tugas dan kewenangannya, kata Erlin di Kapuas, Senin.

"Dengan begitu KPU bisa tetap menjunjung tinggi asas-asas sebagai penyelenggara Pemilu yang integritas, independensi dan netralitas yang tinggi," ucapnya.

Permintaan itu disampaikan orang nomor satu di kabupaten setempat, saat memberikan sambutan pada acara peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2024 yang berlangsung di Lapangan Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas. 

Erlin mengatakan, dengan telah dilaksanakannya peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2024 pada kesempatan kali ini, menandakan telah dimulainya tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2024. Di mana masyarakat berperan besar dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nantinya dengan meningkatkan partisipasi pemilih.

"Sebagai bentuk pelaksanaan demokrasi yang ada di negara Indonesia, sehingga pemimpin terpilih nantinya benar-benar memiliki legitimasi yang kuat dari masyarakat," katanya.

Dirinya pun memastikan bahwa Pemkab Kapuas akan sepenuhnya memberikan dukungan kepada KPU kabupaten setempat, demi sukses terselenggaranya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2024.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Kalteng, Satriadi yang sekaligus membuka acara kegiatan peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas, menyampaikan bahwa Pilkada nanti akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 November 2024.

"Pada tanggal 24 Juni sampai dengan 25 Juli 2024, ada kegiatan yang penting sekali yaitu petugas kita akan melaksanakan pencocokan dan penelitian ke tiap-tiap rumah warga supaya terdaftar sebagai pemilih Bupati dan Wakil Bupati Kapuas,” kata Satriadi.

Baca juga: JCH Kapuas siap diberangkatkan ke tanah suci

Ditambahkan Ketua KPU Kabupaten Kapuas, Deden Firmansyah menuturkan hasil yang ingin dicapai oleh pelaksanaan kegiatan ini yakni tersebar luasnya informasi jadwal penyelenggara pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kapuas kepada masyarakat secara umum.

Melalui kegiatan ini, ia berharap dapat meningkatkan pemahaman dan  pengetahuan serta kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilihan dalam membangun kehidupan demokrasi di Indonesia khususnya Kabupaten Kapuas.

Dalam acara peluncuran pemilihan kepala daerah ini juga dilakukan penyerahan piala dan hadiah oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dan pimpinan pejabat lainnya kepada para pemenang lomba desain maskot dan jingle yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Kapuas.

Baca juga: Wiyatno: Saya diperintah PDIP maju sebagai bacabup di Pilkada Kapuas

Baca juga: Putra mantan bupati ikut berkompetisi di Pilkada Kapuas

Baca juga: KPU pastikan Pilkada Kapuas 2024 tanpa calon perseorangan