PT Unggul Lestari tuntaskan bantuan instalasi listrik untuk masyarakat di Desa Sungai Hanya

id PT Unggul Lestari tuntaskan bantuan instalasi listrik untuk masyarakat di Desa Sungai Hanya, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, csr, Unggul

PT Unggul Lestari tuntaskan bantuan instalasi listrik untuk masyarakat di Desa Sungai Hanya

Manager K3 PT Unggul Lestari, Hendra didampingi Askep Humas PT Unggul Lestari, Bobbi Siagian menyerahkan bantuan dana tahap kedua untuk pemasangan instalasi listrik PLN rumah warga di Desa Sungai Hanya, Sabtu (19/5/2024). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

Sampit (ANTARA) - Perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Unggul Lestari, menuntaskan bantuan kepada masyarakat Desa Sungai Hanya Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, agar bisa menikmati masuknya jaringan listrik dari PT PLN.

"Kami bersyukur kini masyarakat kita di Desa Sungai Hanya, bisa menikmati listrik PLN. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi kemajuan desa, serta mendukung peningkatan perekonomian masyarakat," ujar Hendra, selaku Manager K3 PT Unggul Lestari, yang mewakili manajemen perusahaannya.

Sesuai kebutuhan, bantuan yang diberikan PT Unggul Lestari berupa dana sebesar Rp162 juta untuk pemasangan instalasi listrik ke rumah-rumah warga. Penyaluran bantuan itu dilakukan dua tahap yakni pada 2023 sebesar Rp62 juta dan 2024 sebesar Rp100 juta. 

Hendra didampingi Askep Humas PT Unggul Lestari, Bobbi Siagian, secara langsung menyerahkan bantuan tahap kedua tersebut sebesar Rp100 juta. Penyerahan bantuan dilaksanakan di aula kantor Desa Sungai Hanya, dan diterima oleh Kepala Desa Sungai Hanya, Aloki Anjaskan, disaksikan perangkat desa dan masyarakat desa setempat, Sabtu (18/5) lalu. 

Bantuan kelistrikan ini merupakan harapan masyarakat yang sudah bertahun-tahun memimpikan bisa menikmati manfaat jaringan listrik, seperti halnya warga di kota. Harapan itu pun kemudian diperjuangkan bersama dan mendapat respons dari PT PLN pada 2020 lalu.

Berdasarkan hasil pendataan, terdapat 162 rumah warga yang memerlukan bantuan instalasi dengan biaya Rp4 juta untuk setiap pemasangan sambungan listrik. PT Unggul Lestari menjadi salah satu perusahaan yang berkomitmen membantu. Disepakati, PT Unggul Lestari memberikan bantuan senilai Rp162 juta, sedangkan sisanya dibantu dua perusahaan lainnya, serta dana kas hasil kebun desa setempat.

Manager K3 PT Unggul Lestari, Hendra didampingi Askep Humas PT Unggul Lestari, Bobbi Siagian berfoto bersama dengan perangkat desa dan warga Desa Sungai Hanya usai penyerahan bantuan dana tahap kedua dari PT Unggul Lestari untuk pemasangan instalasi listrik PLN rumah warga di Desa Sungai Hanya, Sabtu (19/5/2024). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

Hendra menjelaskan, PT Unggul Lestari yang bernaung di bawah Musim Mas Group ini terus berupaya untuk memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat, khususnya yang berada di sekitar perusahaan, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Bantuan penyediaan kelistrikan ini merupakan aksi nyata perusahaan yang juga menginginkan agar masyarakat desa setempat semakin maju dan sejahtera.

"Semoga dengan masuknya jaringan listrik ini dapat meningkatkan kualitas hidup, serta mendorong kegiatan ekonomi masyarakat di Desa Sungai Hanya, sehingga berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," tambah Hendra.

Kepala Desa Sungai Hanya, Aloki Anjaskan menyampaikan terima kasih kepada PT Unggul Lestari atas bantuan tersebut. Dia mengapresiasi komitmen perusahaan ini dalam merealisasikan bantuan untuk masyarakat desa setempat.

"Kami tentu sangat senang dan berterima kasih karena bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami. Dengan masuknya listrik, maka banyak yang bisa dilakukan warga, termasuk dalam hal kegiatan ekonomi. Ini sangat bermanfaat," ujarnya di sela serah terima bantuan tersebut.

Apresiasi serupa disampaikan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sungai Hanya, Sarjo. Menurutnya, bantuan ini akan menjadi bagian sejarah perjalanan kemajuan Desa Sungai Hanya karena kini listrik PT PLN masuk dan bisa dinikmati masyarakat desa setempat.

"Dengan masuknya listrik, kegiatan masyarakat dan pemerintahan semakin lancar. Ini diharapkan dapat membuat Desa Sungai Hanya ini semakin maju dan perekonomian masyarakat semakin meningkat," demikian Sarjo.

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari raih penghargaan peduli penanganan karhutla

Baca juga: PT Unggul Lestari bantu membuka keterisolasian listrik bagi masyarakat Desa Sungai Hanya

Baca juga: PT Unggul Lestari gelar apel siaga dan simulasi penanggulangan karhutla