PT Unggul Lestari bantu membuka keterisolasian listrik bagi masyarakat Desa Sungai Hanya

id PT Unggul Lestari bantu membuka keterisolasian listrik bagi masyarakat Desa Sungai Hanya, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pln, listrik, un

PT Unggul Lestari bantu membuka keterisolasian listrik bagi masyarakat Desa Sungai Hanya

Manajemen PT Unggul Lestari merealisasikan program CSR berupa bantuan tahap pertama pemasangan instalasi listrik untuk masyarakat Desa Sungai Hanya Kecamatan Antang Kalang yang diterima Pelaksana Kepala Desa Sungai Hanya Yulita, Jumat (15/9/2023). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar perkebunan kelapa sawit PT Unggul Lestari membantu masuknya listrik PT PLN ke Desa Sungai Hanya Kecamatan Antang Kalang Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. 

"Tujuannya agar masyarakat Desa Sungai Hanya juga bisa mendapatkan hak yang sama, salah satunya dalam hal kebutuhan dasar yaitu pasokan listrik. Makanya perusahaan kami juga sangat senang bisa membantu ini," kata Estate Manager PT Unggul Lestari Timothi Batubara di Antang Kalang, Jumat. 

Desa Sungai Hanya merupakan salah satu desa di Kotawaringin Timur yang belum tersentuh jaringan listrik PT PLN. Keterisolasian listrik ini berdampak pada terbatasnya kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan energi listrik karena warga hanya mengandalkan listrik bertenaga surya maupun genset. 

Sejak 2018 lalu warga mengusulkan kepada pemerintah daerah dan PT PLN agar perluasan jaringan listrik sampai ke desa mereka. Harapan itu pun mendapat respons pada 2020.

Manajemen PT Unggul Lestari menjadi salah satu pihak yang diundang pemerintah daerah dalam upaya membuka keterisolasian listrik di Desa Sungai Hanya melalui perluasan jaringan listrik PT PLN. 

Hasil pendataan, ada 162 rumah warga di desa itu yang diharapkan bisa dialiri listrik PT PLN. Saat itu disepakati bahwa PT PLN memperluas jaringan dengan pemasangan tiang-tiang jaringan listrik, sedangkan pemasangan instalasi ke rumah-rumah menjadi tanggung jawab warga. 

Biaya pemasangan instalasi ke setiap rumah sebesar Rp4 juta. Warga berharap ada bantuan karena biaya tersebut dinilai cukup besar bagi masyarakat. 

Hasil kesepakatan bersama, ada tiga perusahaan besar yang berkontribusi membantu, salah satunya PT Unggul Lestari. Masing-masing perusahaan membantu Rp162 juta, sedangkan kekurangan Rp162 juta sisanya akan dibayar menggunakan dana kas kebun desa setempat yang selama ini telah bermitra dengan PT Unggul Lestari. 

Timothi Batubara mengatakan, PT Unggul Lestari berkomitmen memenuhi janji memberikan bantuan tersebut. Untuk tahap pertama diserahkan bantuan Rp62 juta, sedangkan sisanya Rp100 juta akan diserahkan pada awal 2024.
Manajemen PT Unggul Lestari merealisasikan program CSR berupa bantuan tahap pertama pemasangan instalasi listrik untuk masyarakat Desa Sungai Hanya Kecamatan Antang Kalang yang diterima Pelaksana Kepala Desa Sungai Hanya Yulita, Jumat (15/9/2023). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

Bantuan tahap pertama dari perusahaan yang bernaung di bawah Grup Musim Mas ini diserahkan sebesar Rp62 juta yang diterima oleh Pelaksana Tugas Kepala Desa Sungai Hanya Yulita. 

Turut hadir menyaksikan, Camat Antang Kalang Sony, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kotawaringin Timur Diana Setiawan, Estate Manager PT Unggul Lestari Timothi Batubara serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan dan masyarakat desa. 

Saat ini pemasangan tiang jaringan oleh PT PLN sudah sekitar 70 persen, sedangkan pemasangan instalasi sudah mencapai 50 persen. Harapannya semua berjalan lancar dan selesai tepat waktu sehingga pasokan listrik bisa langsung disalurkan ke Desa Sungai Hanya. 

Timothi Batubara menambahkan, bantuan untuk bidang kelistrikan ini juga merupakan realisasi program CSR (corporate social responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan PT Unggul Lestari. 

"Bantuan ini juga sejalan dengan program bupati yaitu Kotim Terang. Makanya kami dari PT Unggul Lestari berpartisipasi untuk membantu, khususnya bagi desa-desa di wilayah binaan perusahaan kami," demikian Timothi Batubara. 

Pelaksana Tugas Kepala Desa Sungai Hanya Yulita menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah, PT Unggul Lestari dan PT PLN yang telah mewujudkan mimpi warga Desa Sungai Hanya untuk menikmati fasilitas listrik yang tersambung dengan jaringan PT PLN. 

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan PT Unggul Lestari. Semoga pemasangan instalasi ini segera selesai sehingga masyarakat kami bisa menikmatinya pasokan listrik dari PT PLN," ujar Yulita saat menerima bantuan dari PT Unggul Lestari. 

Kepala DPMPTSP Kotawaringin Timur, Diana Setiawan yang turut hadir dalam acara itu menyampaikan apresiasinya kepada PT Unggul Lestari yang telah membuktikan komitmennya membantu pembangunan daerah dan kepentingan masyarakat, salah satunya kali ini pada bidang kelistrikan. 

Dia juga berharap perusahaan yang ada di kabupaten ini turut membantu mewujudkan program pemerintahan Bupati Halikinnor yaitu Kotim Terang yakni jaringan listrik yang menjangkau hingga ke seluruh desa. 

Baca juga: PT Unggul Lestari gelar apel siaga dan simulasi penanggulangan karhutla

Baca juga: PT Unggul Lestari raih penghargaan atas dukungan penanggulangan stunting di Kotim

Baca juga: PT Unggul Lestari sumbang pembangunan satu ruang kelas SMP Desa Bukit Indah