Berikut tujuh manfaat buah leci untuk kesehatan

id Buah leci,manfaat buah leci

Berikut tujuh manfaat buah leci untuk kesehatan

Ilustrasi buah leci (ANTARA/Pexels/Morad Bousbaa)

Jakarta (ANTARA) - Buah leci merupakan camilan ideal yang sangat tinggi vitamin C, potasium, tembaga, magnesium, folat, dan nutrisi luar biasa lainnya. Buah kecil berair asal Tiongkok ini dapat mengatasi sembelit dan membantu mengatur pergerakan usus.
 
Ditulis laman Hindustan Times, Selasa (28/5), Dr. Piyush Mishra, Dokter Umum & Petugas Imunisasi, Distrik Timur Laut, New Delhi menjelaskan tujuh alasan mengonsumsi leci baik untuk kesehatan secara keseluruhan di musim panas dan aman tanpa menambah berat badan.
 
1. Peningkatan hidrasi
 
Leci memiliki kandungan air yang tinggi, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk hidrasi. Selama bulan-bulan musim panas, tetap terhidrasi sangatlah penting, dan mengonsumsi leci dapat membantu mengisi kembali cairan, membuat Anda tetap sejuk dan segar.
 
2. Kaya Vitamin C
 
Satu porsi leci menyediakan lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Antioksidan kuat ini penting untuk fungsi kekebalan tubuh, kesehatan kulit, dan pembentukan kolagen. Vitamin C juga membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan membantu penyerapan zat besi.

Baca juga: Ahli gizi klinik jelaskan manfaat buah zaitun bagi kesehatan
 
3. Kesehatan pencernaan
 
Leci mengandung banyak serat makanan, yang meningkatkan kesehatan pencernaan. Konsumsi secara teratur dapat membantu mencegah sembelit dan memastikan kelancaran buang air besar, yang sangat penting ketika sistem pencernaan kita lebih rentan terhadap kelesuan dalam cuaca panas.
 
4. Peningkatan energi
 
Leci merupakan penambah energi alami karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, termasuk gula alami seperti fruktosa dan sukrosa. Gula ini memberikan pelepasan energi yang cepat, menjadikan leci sebagai camilan yang ideal untuk mengusir rasa lelah selama hari-hari yang panjang dan panas.

Baca juga: Ahli gizi anjurkan masyarakat perbanyak konsumsi buah saat cuaca panas
 
5. Sifat anti inflamasi
 
Leci kaya akan polifenol dan antioksidan lain yang memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa tersebut dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh sehingga berpotensi menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.
 
6. Manajemen berat badan
 
Bagi mereka yang memperhatikan berat badannya, leci bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet. Ini rendah kalori dan lemak, dan kandungan seratnya membantu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan makanan secara keseluruhan. Satu porsi leci dalam jumlah sedang dapat memuaskan hasrat manis Anda tanpa berkontribusi terhadap penambahan berat badan.

Baca juga: 7 manfaat hebat nanas bagi tubuh

7. Kesehatan kulit
 
Kandungan vitamin C dan antioksidan yang kaya pada buah leci dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Nutrisi ini melawan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan penuaan dini, dan mendukung produksi kolagen, menjaga kulit Anda tetap kencang dan awet muda.
 
Untuk mendapatkan manfaat buah leci sekaligus menjaga berat badan yang sehat, disarankan untuk mengonsumsi 10-12 buah leci per hari.
 
Selain itu, waktu yang ideal menikmati leci adalah menjadikannya camilan di pagi hari. Mengonsumsi buah leci saat perut kosong dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi.
 
Mengonsumsinya sebagai camilan di antara sarapan dan makan siang juga dapat menjaga tingkat energi dan mencegah ngemil yang tidak sehat.