Masyarakat diingatkan agar teliti dalam membeli hewan kurban

id dprd palangka raya, khemal nasery, hewan kurban, idul adha, pmk, hari raya haji, ibadah kurban, palangkaraya

Masyarakat diingatkan agar teliti dalam membeli hewan kurban

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Khemal Nasery. (ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kota Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) -
Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Khemal Nasery mengingatkan masyarakat di daerah setempat agar lebih teliti saat hendak membeli hewan kurban.
 
"Belilah hewan kurban di tempat terpercaya dan telah memiliki izin," katanya di Palangka Raya, Rabu.
 
Dia menjelaskan, masyarakat harus benar-benar memastikan kualitas, kebersihan, kesehatan hingga asal hewan kurban yang hendak dibeli.

Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, di antaranya mengantisipasi hewan kurban yang tidak sehat atau tidak layak, seperti terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK).
 
Untuk itu politisi partai Golkar ini menyarankan kepada masyarakat yang hendak membeli hewan kurban, memperhatikan hewan kurban telah memenuhi aspek kriteria fisik dan kriteria umur.

Baca juga: Atlet Panahan Kalteng bertekad berikan medali di PON XXI Aceh-Sumut
 
Masyarakat yang akan membeli hewan kurban diminta tidak takut memegang hewan kurban, periksa dan pastikan hewan tersebut harus sehat, tidak buta, tidak pincang, tidak cacat, ataupun tidak bunting, perhatikan umur hewan yang layak dijadikan hewan kurban.
 
"Pilihlah hewan kurban sesuai syariat, karena ibadah kurban adalah ibadah yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan sesuai syarat sah," ujarnya.
 
Lebih lanjut dia juga meminta kepada Pemerintah Kota Palangka Raya agar dapat gencar melakukan pemantauan ke tempat-tempat penjualan hewan kurban.
 
Pemerintah diminta dapat memeriksa ada atau tidaknya surat keterangan kesehatan hewan, untuk memastikan hewan kurban di Kota Palangka Raya benar-benar aman.
 
"Semoga perayaan Idul Adha tahun ini bisa berjalan dengan aman, lancar tanpa adanya kendala," demikian Khemal Nasery.

Baca juga: Pelaku UMKM di Kota Palangka Raya diajak lebih kreatif

Baca juga: DPRD ingatkan pentingnya penguatan program penanganan stunting di Palangka Raya

Baca juga: Wamen LHK resmikan pusat daur ulang sampah di Palangka Raya