Pelaku UMKM di Kota Palangka Raya diajak lebih kreatif

id Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Noorkhalis Ridha, DPRD Palangka Raya, Palangka Raya, kalteng

Pelaku UMKM di Kota Palangka Raya diajak lebih kreatif

Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Noorkhalis Ridha. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Noorkhalis Ridha mengajak sekaligus meminta kepada seluruh pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah setempat, agar lebih kreatif dalam menciptakan berbagai produk.

"Hal ini dilakukan untuk mendorong usaha yang digeluti semakin maju dan berkembang," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Menurut dirinya, apabila para pelaku UMKM lebih kreatif dan berinovasi dalam menciptakan produk yang unggul dan memiliki nilai jual tinggi, akan memberikan hasil memuaskan. Apalagi, legislator Palangka Raya ini menilai bahwa di daerah ini tersedia bahan baku yang berlimpah untuk diolah sebagai suatu produk yang berkualitas.

"Misalnya pada saat musim panen buah, maka stoknya akan sangat berlimpah sehingga kerap menyisakan buah yang tidak terjual," ucapnya.

Hal tersebut, lanjut politikus partai PAN ini mengungkapkan, banyak buah yang menjadi busuk dan berakhir pada dibuang.

Padahal para pelaku UMKM bisa mengambil momen tersebut dengan membuat buah menjadi suatu produk, seperti dodol atau keripik yang memiliki nilai jual tinggi. Sebab, pada saat musim panen itu, harga buah menjadi sangat murah. Jadi tentunya pelaku UMKM bisa membeli dengan modal yang tidak besar," ujarnya.

Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya itu menyebut, selama ini para pelaku UMKM di Kota Palangka Raya kerap menjual sesuatu yang tengah menjadi sorotan atau tengah ramai di media sosial," kata Noorkhalis Ridha.

Padahal, jika pelaku UMKM di daerah ini dapat membuat sesuatu produk yang berbeda, maka hal tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan untuk mencoba.

"Jadi sebenarnya jangan takut untuk berinovasi, karena ketika itu berhasil maka pelaku UMKM akan memiliki pasarnya tersendiri," demikian Noorkhalis Ridha.

Baca juga: DPRD ingatkan pentingnya penguatan program penanganan stunting di Palangka Raya

Baca juga: DPRD dukung Gerakan Sekolah Sehat di Palangka Raya

Baca juga: DPRD dukung Gerakan Sekolah Sehat di Palangka Raya