Legislator Gumas perjuangkan keberlanjutan rekonstruksi ruas jalan Tumbang Miwan-Tumbang Empas

id dprd gumas, rayaniatie djangkan, ruas jalan tumbang miwan, tumbang empas, kuala kurun, gunung mas

Legislator Gumas perjuangkan keberlanjutan rekonstruksi ruas jalan Tumbang Miwan-Tumbang Empas

Legislator Gumas Rayaniatie Djangkan. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rayaniatie Djangkan menyatakan siap memperjuangkan keberlanjutan rekonstruksi ruas jalan antar kecamatan yang merupakan kewenangan pemerintah kabupaten.
 
Ruas jalan yang dimaksud yakni dari Desa Tumbang Miwan Kecamatan Kurun menuju Desa Tumbang Empas Kecamatan Mihing Raya, kata Rayaniatie di Kuala Kurun, Sabtu.
 
“Pada tahun 2024 ini pemerintah daerah menganggarkan sekitar Rp2,5 miliar untuk merekonstruksi ruas jalan Tumbang Miwan-Tumbang Empas. Nilai itu terbilang kecil untuk merekonstruksi ruas jalan tersebut,” sambung dia.
 
Kendati demikian, anggaran sekitar Rp2,5 miliar tadi dapat digunakan untuk merekonstruksi titik-titik yang rusak, sehingga pengendara kendaraan bermotor bisa lebih aman dan nyaman saat melintas di ruas jalan tersebut.

Baca juga: Penjaringan Pilkada 2024 ditutup, enam figur mendaftar ke Gerindra Gumas
 
Menurut dia, peningkatan ruas jalan Tumbang Miwan-Tumbang Empas harus dilanjutkan di tahun-tahun mendatang, karena ruas jalan tersebut merupakan jalur alternatif jika ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya rusak.
 
Wakil rakyat dari daerah pemilihan I, yang meliputi Kecamatan Sepang Mihing Raya dan Kurun itu akan memperjuangkan keberlanjutan rekonstruksi jalan secara bertahap, sembari melihat kondisi keuangan daerah.
 
Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gumas Bambang Jaya menyampaikan pemerintah daerah akan merekonstruksi ruas jalan Tumbang Miwan-Tumbang Empas. Anggaran yang disiapkan adalah senilai Rp2,5 miliar dari APBD kabupaten 2024.
 
“Untuk ruas jalan Tumbang Miwan-Tumbang Empas akan dilakukan rekonstruksi di beberapa titik, supaya masyarakat nyaman melintas di sana,” beber dia.
 
Lebih lanjut, pada tahun 2024 ini juga akan dilakukan rekonstruksi ruas jalan Tumbang Empas menuju Kelurahan Sepang Simin Kecamatan Sepang. Anggaran yang disiapkan mencapai belasan miliar rupiah.
 
“Anggaran untuk rekonstruksi jalan Tumbang Empas-Sepang Simin tahun 2024 berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tematik Pengembangan Food Estate,” demikian Bambang Jaya.

Baca juga: Pemkab Gumas terus tingkatkan mutu dan keamanan pangan

Baca juga: Legislator Gumas minta semua pihak waspadai isu SARA jelang pilkada

Baca juga: Ketua DPRD Gumas ajak masyarakat tingkatkan kewaspadaan terhadap peredaran narkoba