Desa Sikui wakili Barito Utara pada lomba desa tingkat Kalteng

id lomba desa tingkat kalteng,desa sikui,teweh baru,desa mandiri,barito utara,kalteng

Desa Sikui wakili Barito Utara pada lomba desa tingkat Kalteng

Pemerintah Desa Sikui Kecamatan Teweh Baru, sambut kedatangan Pj Bupati Barito Utara Muhlis dan rombongan tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalteng di Desa Sikui, Rabu (12/6/2024).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara terpilih mewakili kabupaten setempat untuk mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2024.

"Penetapan ini sesuai Keputusan Bupati Barito Utara Nomor : 188.45/140/2024 tanggal 31 Mei 2024 tentang penetapan juara lomba evaluasi perkembangan desa dan kelurahan desa tingkat Kabupaten Barito Utara kategori regional tahun 2024," kata Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis menghadiri penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalteng di Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru, Rabu. 

Pj Bupati Barito Utara menyampaikan atas nama masyarakat dan pemkab mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalteng beserta rombongan di Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru.

Menurut dia, penunjukan Desa Sikui sebagai salah satu desa yang mewakili Kabupaten Barito Utara pada lomba desa tingkat Kalteng, karena sesuai realita dan fakta di lapangan.

Di mana dukungan dan peran seluruh komponen masyarakat tanpa terkecuali, sangat mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

"Hal ini dapat dibuktikan dengan tingginya semangat gotong royong serta tingginya kesadaran masyarakat untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba desa tingkat provinsi. Saat ini dan Desa Sikui, Kecamatan Teweh Baru ini statusnya adalah Desa Mandiri," kata Muhlis.

Baca juga: Pj Bupati Barut minta petugas puskesmas tanggap layani masyarakat

Pj Bupati juga mengatakan bahwa pelaksanaan penilaian lomba desa dan kelurahan ini harus didahului dengan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang dinilai dan diikutsertakan dalam lomba desa dan kelurahan adalah yang berkembang dan cepat berkembang sedangkan yang tidak berkembang tetap menjadi perhatian untuk diberikan pembinaan. 

“Penilaian dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi, dan tingkat wilayah dan tingkat regional,” kata Muhlis.

Baca juga: Pemkab Barito Utara teken MoU komitmen PPDB 2024

Baca juga: Pj Bupati Barut sambut baik raperda pengelolaan persampahan dibahas

Baca juga: Pemkab Barut sampaikan jawaban pemandangan umum fraksi DPRD