Pemkab Barito Utara teken MoU komitmen PPDB 2024

id ppdb barito utara,mou,komitmen ppdb,barut,barito utara,kalteng

Pemkab Barito Utara teken MoU komitmen PPDB 2024

Pj Bupati Barito Utara Muhlis bersama Pj Sekda Jufriansyah, dan unsur FKPD dan kepala perangkat daerah serta PWI Barito Utara komitmen dukung penyelenggaraan PPDB yang objektif, transparan dan akuntabel di Muara Teweh, Selasa (11/6/2024).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, setempat melaksanakan penandatanganan MoU komitmen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kabupaten setempat 2024.

"Untuk mengingatkan kembali bahwa pendidikan merupakan kunci keberhasilan suatu bangsa. Karena itu kita harus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini," kata Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis di Muara Teweh, Selasa.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Pj Sekda Jufriansyah, Kepala Kejaksaan Negeri Barito Utara, Waka Polres Barito Utara, mewakili Dandim 103 Muara Teweh, kepala perangkat daerah, Ketua PWI Barito Utara, Kepala Sekolah SD dan SMP dan undangan lainnya.

Menurut dia, sebagai komitmen dalam mencapai visi dan misi Kabupaten Barito Utara dan sebagai daerah yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, maka dengan adanya komitmen ini, untuk menjamin bahwa pelaksanaan PPDB di Kabupaten Barito Utara berjalan dengan objektif, transparan, akuntabel, non-diskriminatif, dan berkeadilan.

"Komitmen ini dalam rangka mendorong peningkatan akses layanan pendidikan, karena pendidikan merupakan prioritas utama bagi kita dalam membangun Barito Utara yang lebih baik,” kata Muhlis.

Dia mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak tantangan yang harus dihadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, namun dengan adanya komitmen yang kuat dan kerja sama yang baik dari semua pihak, diyakini tujuan ini dapat tercapai.

"Kita semua juga harus berkomitmen untuk memberikan akses pendidikan yang objektif, transparan, akuntabel, non-diskriminatif, dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat di daerah ini," kata dia. 

Menurut dia setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda, oleh karena itu  harus berusaha untuk memberikan kesempatan yang sama bagi setiap anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. 

Selain itu, menurut dia, juga berkomitmen untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, termasuk pembangunan gedung sekolah yang baru dan perbaikan yang dilakukan secara berkala.

“Saya berharap dengan penandatanganan komitmen dukungan pelaksanaan PPDB di daerah ini menjadi salah satu indikator dalam mewujudkan pemerataan akses pendidikan bagi seluruh peserta didik dan menciptakan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter,” ucap Muhlis. 

Dia juga berharap Kabupaten Barito Utara ke depan mampu menjadi penyumbang SDM yang berkualitas untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. 

"Oleh karena itu penandatanganan komitmen yang dilaksanakan hari ini bukanlah akhir dari perjuangan, namun ini adalah awal dari perjalanan panjang kita untuk mencapai tujuan bersama," demikian Muhlis.