Pemkab Kobar telah serahkan 128 ekor sapi kepada masyarakat di Idul Adha 2024

id Asisten I Pemkab Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Tengku Ali Syahbana, Kotawaringin Barat, Kalteng

Pemkab Kobar telah serahkan 128 ekor sapi kepada masyarakat di Idul Adha 2024

Asisten I Pemkab Kotawaringin Barat Tengku Ali Syahbana menunjukkan salah satu hewan kurban sesaat sebelum disalurkan ke sejumlah masyarakat di Pangkalan Bun, Sabtu (15/6/2024). ANTARA/Safitri RA.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Asisten I Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Tengku Ali Syahbana mengaku bahwa pemerintah kabupaten telah menyerahkan secara simbolis 128 ekor sapi kepada masyarakat di wilayah setempat, dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445H/2024M.

"Sebanyak 128 ekor sapi itu dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kobar tahun 2024," kata Tengku Ali Syahbana di Pangkalan Bun, Senin.

Dikatakan, hewan kurban sapi tersebut, pihaknya mengutamakan penyaluran ke desa - desa dan juga kelurahan yang ada di Kabupaten Kobar. Untuk itu, 81 desa dan 13 kelurahan dapat semua, dan Itu merupakan SK penetapan berdasarkan kebijakan tahun 2024.

Kemudian, untuk sisanya pihaknya akan menyerahkan hewan kurban tersebut kepada masjid - masjid besar, dan termasuk ormas-ormas. Sementara untuk yang menjadi sasaran Pemkab Kobar tahun ini adalah kaum duafa, kaum disabilitas, anak yatim itu juga menjadi.

"Kami meminta partisipasi dan support kepada pihak ketiga atau  perusahaan - perusahaan yang ada di Kabupaten Kobar," ujarnya.

Menurut dirinya, BUMN, BUMD, Perbankan dan pihak swasta untuk berpartisipasi dalam rangka membantu masyarakat kobar yang mungkin selama ini belum mendapatkan hewan kurban ataupun mengonsumsi daging sapi.

"Jadi, kami berharap diharapkan kepada pihak ketiga dapat menyokong pengadaan APBD dari pihak swasta ini," demikian Tengku Ali Syahbana.

Baca juga: Pj Bupati Kobar tekankan pentingnya peran Satpol PP sebagai penegak perda

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar apresiasi pelayanan adminduk jemput bola ke sekolah

Baca juga: Distan Kobar beri pelatihan tata cara pemotongan hewan kurban

Baca juga: Pemkab Kobar latih nelayan membuat alat tangkap ramah lingkungan