Berbagai produk lokal ditampilkan pada Pameran Pembangunan Gumas 2024

id Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden, Gunung Mas, Gumas, Kalteng

Berbagai produk lokal ditampilkan pada Pameran Pembangunan Gumas 2024

Pj Bupati Gumas Herson B Aden saat melihat salah satu produk lokal yang ditampilkan di pameran pembangunan di Kuala Kurun, Minggu (16/6/2024). ANTARA/HO-Diskominfosantik Gumas.

Kuala Kurun (ANTARA) - Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden menyatakan bahwa berbagai produk unggulan lokal dari berbagai kecamatan yang ada di kabupaten ini, sengaja ditampilkan pada pelaksanaan pameran pembangunan dalam rangka menyambut hari jadi ke 22 kabupaten tersebut.

Langkah tersebut sebagai upaya semakin memperkenalkan produk-produk lokah sekaligus mendukung kampanye Bangga Buatan Indonesia, kata Herson B Aden di Kuala Kurun, Kemarin..

"Pameran pembangunan memperkenalkan kemajuan pembangunan yang kita capai selama 22 tahun Gumas, serta memperkenalkan produk inovasi kreatif yang dilakukan masyarakat serta pelaku usaha," sambung dia.

Di era globalisasi sekarang ini seluruh pihak dihadapkan dengan tantangan. Tantangan yang dimaksud yakni produk luar daerah atau bahkan luar negeri akan membanjiri pasar domestik, bahkan telah mendominasi pangsa pasar.

Dia menyebut, hal itu dapat menjadi ancaman nyata bagi keberlangsungan industri kecil menengah, usaha kecil menengah dan pelaku usaha lain, dalam menghadapi persaingan pangsa pasar.

Menurut dia, potensi dan sumber daya alam yang dimiliki kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ sangat besar, dan menjadi peluang yang menjanjikan.

Akan tetapi dibutuhkan kerja keras, kreativitas, inovasi dan pengetahuan agar dapat memanfaatkan potensi tadi menjadi sesuatu yang berguna, bagi peningkatan kesejahteraan keluarga, masyarakat dan kemajuan daerah.

Baca juga: Gumas lestarikan budaya melalui Festival Budaya Mihing Manasa 2024

Dari pameran pembangunan diharap tumbuh minat para pelaku usaha baru dalam masyarakat, terutama di kalangan generasi muda, sehingga mereka dapat tumbuh mandiri, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan, Barthel mengatakan bahwa pameran pembangunan dipusatkan di Stadion Mini Kuala Kurun, mulai 16-20 Juni 2024.

"Pameran pembangunan merupakan sarana dalam memperkenalkan produk inovasi kreatif yang dilakukan oleh masyarakat, pelaku usaha kecil dan menengah, serta pengusaha besar swasta," demikian Barthel.

Baca juga: DPRD Gumas berharap PWKI terus berkontribusi dalam pembangunan

Baca juga: Pemkab Gumas tetapkan 104 lokasi pembentukan Kampung Keluarga Berkualitas

Baca juga: Pemkab Gumas bagikan 26 ekor sapi kurban Idul Adha