Gubernur Kalteng: RSUD Hanau wujudkan perluasan layanan kesehatan di Kalteng

id pemprov kalteng, gubernur kalteng sugianto sabran, rsud kelas b hanau, seruyan, pelayanan kesehatan kalimantan tengah

Gubernur Kalteng: RSUD Hanau wujudkan perluasan layanan kesehatan di Kalteng

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan jajaran meninjau perkembangan pembangunan RSUD Hanau di Kabupaten Seruyan, Rabu (3/7/2024). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengatakan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kelas B di Hanau Kabupaten Seruyan menjadi perwujudan perluasan jangkauan pelayanan kesehatan masyarakat di provinsi setempat.
 
"Membangun rumah sakit yang mumpuni, ditunjang peralatan yang modern merupakan komitmen dan wujud mimpi yang nyata dalam memperluas layanan di bidang kesehatan," kata Sugianto dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Kamis.

Pada Desember 2024, kata dia, RSUD Hanau diharapkan sudah bisa operasional dan rencananya Pemprov Kalteng mengundang presiden untuk meresmikannya.

Baca juga: Pemprov Kalteng komit sukseskan program perluasan areal tanam
 
Sugianto mengatakan dirinya beserta jajaran baru saja meninjau perkembangan pembangunan RSUD Hanau tersebut. Peninjauan untuk memastikan pembangunan gedung beserta sarana prasarana penunjang RSUD milik Pemprov Kalteng ini dapat terealisasi sesuai target selesai pada Juli 2024 ini.
 
"Saya bersama Wakil Gubernur Edy Pratowo memiliki komitmen, yakni kesehatan adalah hal yang paling utama dan mendasar yang wajib diberikan pemerintah kepada masyarakat," ujar Sugianto Sabran.
 
Baca juga: Pemprov Kalteng minta program REDD plus selaras dengan rencana pembangunan
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng Shalahuddin menambahkan, rumah sakit yang dibangun di Hanau tersebut memiliki luas mencapai 32.184 meter persegi. Untuk IGD 4.500 meter persegi, gedung penunjang 11.500 meter persegi, dan gedung utama 16.000 meter persegi.
 
"Rumah sakit di Hanau ini nantinya dilengkapi Instalasi Rawat Inap, VVIP, VIP, dan umum," katanya.
 
Rumah sakit itu juga dilengkapi ruang MEP, ruang isolasi, kantor ITU, hemodialisa, CSSD, AHY, ruang bedah, ruang persalinan, dan poliklinik. Ada pula ruang radiologi, laboratorium medik, rekam medik, ICU, ICCU, PICU, HCU, IGD, ruang jenazah, IPS RS, laundry, gizi, IPAL, power house, GWT, dan kelengkapan ruang lainnya.
 
"Selain itu, juga akan dibangun sarana prasarana penunjang lain, seperti rumah dinas dokter dan tenaga medis, instalasi pemeliharaan rumah sakit, serta ruang terbuka hijau dan non-hijau," ucapnya.

Baca juga: Disdagperin Kalteng sosialisasi P3DN pacu kecintaan pemuda pada produk lokal

Baca juga: DPMPTSP Kalteng wujudkan pembangunan berkelanjutan dengan melibatkan 'kawan investor'