Sri Suwanto siap mundur dari ASN jika maju Pilkada 2024

id sri suwanto, ketua pakuwojo kalteng, pilkada 2024, tokoh birokrat kalteng, kalimantan tengah

Sri Suwanto siap mundur dari ASN jika maju Pilkada 2024

Tokoh birokrat dan Ketua Paguyuban Kulowargo Wong Jowo (Pakuwojo) Provinsi Kalimantan Tengah Sri Suwanto. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Seorang tokoh birokrat sekaligus Ketua Paguyuban Kulowargo Wong Jowo (Pakuwojo) Provinsi Kalimantan Tengah Sri Suwanto menyatakan siap mundur sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) jika maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalimantan Tengah 2024.
 
Melalui pernyataan yang diterima di Palangka Raya, Senin dia mengatakan, puluhan tahun di birokrasi, dia berkeinginan untuk terus bermanfaat bagi banyak orang, melalui apapun jalannya.
 
"Prinsip saya, 'Khoirunnas Anfa'uhum Linnas' yang artinya sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang banyak," kata Sri Suwanto.
 
Pernyataan itu juga telah disampaikannya melalui video berjudul “Sri Suwanto Menjawab” yang diunggah di akun Instagram pribadinya.
 
Dalam video tersebut, Sri Suwanto mengungkapkan keinginan kuatnya untuk terus bermanfaat bagi masyarakat luas, sejalan dengan prinsip yang selalu dipegangnya,
 
Lebih lanjut, Sri Suwanto menegaskan kesiapannya untuk mundur dari jabatan ASN apabila diberi amanah untuk memimpin Kalimantan Tengah.
 
"Supaya manfaat itu bisa jauh lebih besar, khususnya bagi masyarakat Kalimantan Tengah," jelasnya.

Baca juga: Berhasil kendalikan inflasi, Kalteng kembali terima insentif fiskal
 
Sri Suwanto juga menyatakan kesediaannya untuk berpartisipasi dalam kontestasi politik jika mendapat kesempatan dari partai politik yang sejalan dengan visinya.
 
"Jika diberi kesempatan partai politik untuk ikut berkontestasi dan jika saya merasa cocok, maka tidak ada masalah bagi saya untuk menyalurkan kemampuan saya melalui jalur tersebut," ungkapnya.
 
Jika terpilih sebagai pemimpin Kalimantan Tengah, Sri Suwanto berkomitmen untuk fokus pada ketahanan pangan, pemberdayaan masyarakat, kemakmuran masyarakat, dan keamanan.
 
"Jika diberi kesempatan menjadi pemimpin di Kalteng, yang akan saya lakukan adalah memastikan ketahanan pangan, memberdayakan masyarakat, memakmurkan masyarakat, dan menjaga keamanan. Kesejahteraan masyarakat adalah yang utama," tegasnya.
 
Di akhir video, Sri Suwanto menyampaikan pesan khusus untuk generasi muda Kalimantan Tengah. Beliau mendorong mereka untuk belajar, mengasah keterampilan, bekerja sama dengan orang lain, dan tidak mudah mengeluh.
 
Dia juga berpesan agar anak muda di Kalteng, selalu belajar, asah softskill, jalin kerja sama dengan orang lain, dan jangan mudah mengeluh.
 
"Tagline saya, #KerjaTanpoSambat. Sekali gagal harus bangkit lagi, hingga hanya Tuhan Yang Maha Esa yang berhak mengambil keputusan," kata Sri Suwanto.

Baca juga: Kalteng optimalkan poslap cegah hingga tangani karhutla

Baca juga: FSQ ke-11 lestarikan seni qasidah di Kalimantan Tengah

Baca juga: Pemprov Kalteng terima bantuan mobil operasional optimalkan kegiatan SPHP