220 mahasiswa baru di FBI UMPR ikuti program matrikulasi

id 220 mahasiswa baru di FBI UMPR ikuti program matrikulasi, kalteng, Palangka raya, umpr, Muhammadiyah

220 mahasiswa baru di FBI UMPR ikuti program matrikulasi

FBI UMPR laksanakan program matrikulasi bagi mahasiswa baru di Palangka Raya, Selasa (6/8/2024). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak 220 mahasiswa baru pada Fakultas Bisnis dan Informatika Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (FBI UMPR), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengikuti program matrikulasi pada mahasiswa baru tahun akademik 2024-2025.

"Matrikulasi hari ini ada materi tentang etika, tutorial dan praktik menjaga penampilan atau make up, soft skill serta merakit komputer," kata Dekan FBI UMPR M Jailani SE MPd di Palangka Raya, Selasa.

Matrikulasi yang dipusatkan di Aula UMPR ini diikuti 220 mahasiswa dari Program studi (Prodi) Bisnis Digital, Prodi Ilmu Komputer, Prodi Sistem Informasi dan Prodi Manajemen. Secara khusus materi untuk make up, FBI UMPR mendatangkan pemateri profesional.

"Melalui kegiatan ini kami ingin menyeimbangkan etika dan penampilan dan juga soft skill. Kami ingin mahasiswa baru FBI bisa bersikap, menjaga penampilan serta memiliki kemampuan yang diperlukan dalam beraktivitas," kata Jailani.

Program matrikulasi di Fakultas Bisnis dan Informatika ini dilakukan untuk menyiapkan para calon mahasiswa baru semakin melek pada teknologi. Apalagi saat ini generasi Z lebih dekat dengan yang dunia digital atau digitalisasi.

Dia mengatakan, animo masyarakat untuk bergabung dengan Fakultas Bisnis dan Informatika Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tinggi.

Baca juga: Dosen Fisipol UMPR ikuti pelatihan Asesor untuk tingkatkan kompetensi

Untuk itu, pengelola fakultas terus menginisiasi untuk meningkatkan keahlian calon mahasiswa baru baik dari keahlian keilmuan atau soft skill dan keahlian praktis atau hard skill.

Sebelumnya FBI UMPR juga menyiapkan program pendampingan seperti bermain "Tak Tik Bom" atau berselancar di dunia maya sosial media. Jailani menambahkan, pihaknya juga menyiapkan program make over stylish usai melihat minat mahasiswa di bidang tersebut.

"Kegiatan yang kami lakukan ini terus dikomunikasikan dan dikoordinasikan, baik dengan calon mahasiswa baru dan para orang tua calon mahasiswa baru," katanya.

Melalui respons positif yang diberikan, kami pun berkomitmen semakin memperkuat strategi dalam peningkatan kualitas kegiatan akademi dan pembelajaran serta penguatan pengembangan organisasi.

Jailani mengatakan, melihat pergerakan dari Fakultas Bisnis dan Informatika, Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf selaku pimpinan memberikan dukungan penuh untuk selalu berinovasi sesuai kebutuhan di lapangan.

"Apalagi terkait dengan calon mahasiswa baru. Kami diminta terus berkreasi dan berinovasi dalam rangka memfasilitasi peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya para generasi emas," katanya.

Baca juga: UMPR kerja sama dengan P3MD untuk tingkatkan kualitas aparatur desa

Baca juga: Ilmu Komunikasi UMPR buka penerimaan mahasiswa baru Program RPL

Baca juga: UMPR menjalin kerja sama pendidikan tinggi internasional dengan India