Sekda Gumas berharap posyandu jadi pusat layanan kesehatan

id Sekretaris Daerah Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Richard, Sekda Gumas, Gunung Mas, Gumas, Sekda Gunung Mas, Kalteng

Sekda Gumas berharap posyandu jadi pusat layanan kesehatan

Sekda Gumas Richard (tengah) didampingi Pj Ketua TP PKK Shella Herson B Aden (kiri) dan Plt Sekretaris DPMD Warsinie, saat membuka rakor pokjanal posyandu tingkat kabupaten di Kuala Kurun, Senin (9/9/2024). ANTARA/HO-Pemerintah Kelurahan Kuala Kurun.

Kuala Kurun (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Richard menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dan pengembangan kapasitas kader pos pelayanan terpadu (posyandu) melalui kegiatan pelatihan rutin, pemberian penghargaan, serta dukungan manajemen yang baik.

Pendekatan komprehensif itu membuat posyandu menjadi pusat layanan kesehatan yang lebih optimal, ucapnya saat membuka rapat koordinasi kelompok kerja operasional (pokjanal) posyandu tingkat kabupaten di Kuala Kurun, Senin.

"Termasuk membuat posyandi jadi pusat pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan, serta berkontribusi pada penurunan angka stunting," tambah Richard.

Dikatakan, pokjanal posyandu merupakan wadah koordinasi pengelolaan program pembinaan dan pengembangan posyandu dari unsur pemerintah, dan melibatkan peran serta masyarakat. Salah satu tugas pokok dan fungsi pokjanal posyandu adalah menyiapkan data dan informasi tentang keadaan maupun perkembangan kegiatan terkait pengelolaan posyandu, dan menindaklanjuti sesuai dengan permasalahan yang ada.

Rakor sendiri bertujuan untuk mengintensifkan pertemuan anggota pokjanal posyandu kabupaten, kecamatan, serta desa/kelurahan. Kemudian meningkatkan koordinasi, pembinaan, fasilitasi, advokasi dan dukungan untuk meningkatkan fungsi kinerja posyandu.

"Tujuan lainnya adalah menyamakan persepsi seluruh pemangku kepentingan dalam mendukung kemajuan pokjanal posyandu, untuk ditingkatkan menjadi posyandu aktif dalam strata Purnama dan Mandiri yang ada di Gumas," kata Sekda Gumas ini.

Melalui rakor ini diharap segala permasalahan dan kendala yang ada, baik di tingkat kabupaten, kecamatan  maupun desa/kelurahan dapat terpecahkan bersama, sehingga posyandu dapat lebih meningkatkan fungsi dan kinerjanya.

Baca juga: Bapenda Gumas optimalkan penagihan pajak daerah

Perangkat daerah terkait juga diharap dapat mensinergikan program dan kegiatan pada organisasi masing-masing, dalam mendukung tugas dan fungsi tim Pokjanal Posyandu Gumas.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gumas Warsinie menyampaikan bahwa rakor diikuti oleh kepala desa, lurah, serta tim pokjanal posyandu kabupaten.

"Sebagai narasumber kegiatan adalah Sekda Gumas, Penjabat (Pj) Ketua TP PKK kabupaten, dan beberapa kepala perangkat daerah di lingkup Pemkab Gumas," demikian Warsinie.

Baca juga: Pemkab Gumas perpanjang masa pendaftaran CPNS hingga 10 September 2024

Baca juga: Rehab rawat inap Puskesmas Tumbang Jutuh ditargetkan rampung Desember 2024

Baca juga: Pemkab Gumas berharap sinergi dengan Kejari terus ditingkatkan