Pemko Palangka Raya diminta berikan peringatan dini terkait cacar monyet

id DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Widodo, DPRD Kota, Palangka Raya, Kalteng, cacar monyet, penyakit cacar monyet

Pemko Palangka Raya diminta berikan peringatan dini terkait cacar monyet

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Sigit Widodo. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Widodo mengingatkan sekaligus meminta pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan, agar lebih gencar memberikan peringatan dini terkait penyakit cacar monyet.

"Sebenarnya kan cacar monyet dan segala macam penyakit itu sudah ada alat deteksinya. Dinas Kesehatan harus melakukan peringatan dini kepada masyarakat," katanya di Palangka Raya, Senin.

Menurut dirinya, harus ada imbauan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya kepada masyarakat terkait bagaimana cara menghindari cacar monyet. Pemko bahkan perlu secara berkelanjutan memberikan informasi kepada masyarakat melalui berbagai media-media yang dimiliki Pemerintah Kota Palangka Raya.

"Kalau sudah dapat bagaimana cara penyembuhannya, dimana fasilitas kesehatan yang bisa menangani itu, perlu disampaikan sehingga masyarakat tidak dibiarkan sendiri," ucapnya.

Sigit mengungkapkan, bahwa masyarakat dapat melakukan berbagai hal agar dapat terhindar dari cacar monyet dan berbagai penyakit lainnya. Dirinya menyontohkan, masyarakat dapat menerapkan hidup sehat, bersih, menjaga lingkungan sekitar hingga mengedukasi anak-anak, agar tidak berperilaku sembarangan saat beraktivitas di sekolah.

Baca juga: Legislator menilai anggaran pendidikan di Palangka Raya sudah tepat

"Yang penting untuk menghindari berbagai macam penyakit tentu kekebalan tubuh, asupan gizi, makanan dan istirahat yang cukup, itu yang menjadi faktor penentu untuk kita menghadapi berbagai penyakit," ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini meminta kepada seluruh masyarakat yang mengalami gejala penyakit cacar monyet atau penyakit lainnya, agar dapat segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat. Hal tersebut dilakukan agar gejala yang dirasakan masyarakat dapat segera ditangani dan tidak menjadi parah yang dikhawatirkan berdampak pada kondisi kesehatan masyarakat kedepannya.

"Jangan takut periksa kesehatan, apalagi sekarang ada BPJS Kesehatan, semua bisa diakses gratis. Jadi periksa lebih dini kondisi kesehatan sebelum menjadi parah," demikian Sigit.

Baca juga: DPKUKMP Palangka Raya gencar awasi distribusi elpiji subsidi di pangkalan

Baca juga: Tiga oknum polisi di Kalteng terlibat kasus pencurian di Pulpis

Baca juga: Muncul dugaan upaya pembakaran di Palangka Raya