Pemkot diminta tingkatkan pengembangan pariwisata di Palangka Raya

id DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jati Asmoro, Palangka Raya, Kalteng

Pemkot diminta tingkatkan pengembangan pariwisata di Palangka Raya

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Jati Asmoro. ANTARA/Rajib Rizali.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jati Asmoro mengingatkan sekaligus meminta pemerintah setempat, agar dapat lebih meningkatkan pengembangan sektor pariwisata di Kota Palangka Raya.

"Saya yakin sektor pariwisata di kota ini akan berkembang pesat, terutama menjelang kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Dirinya menilai, bahwa keberadaan IKN yang dekat dengan Kota Palangka Raya dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan pariwisata di kota cantik. Tentunya Kota Palangka Raya akan menjadi salah satu destinasi liburan bagi masyarakat atau pekerja yang berada di IKN, untuk menghabiskan waktu libur bekerja.

"Kita kan dekat dengan IKN, pasti akan berdampak. Masyarakat yang ada di IKN kan pasti akan mencari daerah terdekat untuk liburan bersama keluarga," ucapnya.

Legislator Palangka Raya itu juga menekankan bahwa seharusnya menjadi tujuan wisata yang menarik bagi masyarakat, terlebih untuk liburan akhir pekan. Untuk itu, mulai saat ini pemerintah kota harus menyiapkan objek pariwisata yang nantinya dapat menjadi sektor pariwisata unggulan bagi masyarakat luar Kalimantan Tengah.

"Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Banjarmasin, Sampit, atau ke tempat lain. Cukup di Kota Palangka Raya. Kita memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan," ujarnya.

Baca juga: Cegah kebakaran, masyarakat diminta perhatikan penggunaan listrik di rumah

Menurutnya, penting bagi Pemerintah Kota Palangka Raya dan masyarakat untuk bersinergi dalam memetakan dan mengoptimalkan potensi wisata yang ada.

Dirinya menilai, dengan semangat kolaboratif ini diyakini semua pihak bisa ikut terlibat dalam pengembangan pariwisata sehingga harapan untuk menjadikan Kota Palangka Raya sebagai destinasi wisata yang menarik semakin besar, dan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

"Banyak potensi wisata di ibu kota Provinsi Kalteng ini yang dapat ditingkatkan. Apa saja yang bisa kita petakan dan dalami, kita buka semua. Kita harus memaksimalkan semua yang bisa kita potensikan," demikian Jati.

Baca juga: Tingkatkan kewaspadaan, masyarakat di Palangka Raya diminta aktifkan siskamling

Baca juga: DPRD tekankan pentingnya respon cepat terhadap rancangan perubahan APBD 2024

Baca juga: DPRD sebut pentingnya perluasan layanan internet dukung kemajuan pendidikan