Pemkab Kotim dukung ujian sertifikasi Sempoa untuk pendidikan berkualitas

id Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotim, Kalimantan Tengah, Kalteng, International Grading Examination, IGE di Sampit, ujian sertifikasi Sempoa di Sampit

Pemkab Kotim dukung ujian sertifikasi Sempoa untuk pendidikan berkualitas

Lebih dari 100 pelajar SD-SMP mengikuti kegiatan International Grading Examination (IGE) Sempoa di Sampit, Minggu (29/9/2024). ANTARA/Devita Maulina.

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah mendukung kegiatan International Grading Examination (IGE) atau ujian sertifikasi internasional yang digelar UCMAS Sempoa Sampit karena dinilai membantu mewujudkan pendidikan berkualitas.

Acara ini mencerminkan komitmen bersama dalam mendukung pendidikan berkualitas di Kotim, kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kotim I Gede Sukadana di Sampit, Minggu.

"Apalagi sempoa telah terbukti meningkatkan keterampilan kognitif, daya ingat, serta membangun disiplin dan karakter anak-anak kita," tambahnya.

Dikatakan. IGE adalah salah satu ujian sertifikasi Internasional yang berfokus pada Mental Aritmatika dan Sempoa. Kegiatan yang digelar di ballrooms Aquarius Boutique Hotel Sampit ini ditujukan untuk siswa Sempoa level basic hingga advance jenjang pendidikan SD-SMP dengan jumlah 130 siswa.

Mewakili Pjs Bupati Kotim Shalahuddin, Gede menyebut metode sempoa bukan hanya alat bantu berhitung, tetapi juga melatih kemampuan berpikir analitis, logika, konsentrasi, dan ketekunan yang tentunya berdampak pada peningkatan kompetensi anak.

Sertifikasi internasional melalui ujian ini membuktikan bahwa siswa berkompeten tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga diakui secara global. Sertifikat dari Malaysia dan China akan membuka peluang dalam pendidikan lanjutan maupun karir di era globalisasi.

"Kemampuan bersaing di tingkat internasional adalah kunci penting bagi masa depan anak-anak kita dan saya bangga melihat semangat serta dedikasi mereka untuk terus maju," ucapnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada para pengajar dan instruktur sempoa yang dengan penuh dedikasi telah membimbing para siswa hingga sampai pada tahap ini. Sebab, tanpa bimbingan dan ketekunan pengajar dan instruktur, tentu pencapaian seperti ini tidak akan mungkin terwujud.

Selain itu, Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah memberikan dukungan penuh kepada anak-anak mereka. Peran orang tua sangat penting dalam membentuk lingkungan yang mendukung perkembangan akademis dan mental anak anak.

Keberhasilan anak-anak dalam ujian ini adalah hasil dari kerja keras dan komitmen bersama antara sekolah, pengajar, dan keluarga. Ia pun berharap acara ini menjadi inspirasi bagi para siswa untuk terus meningkatkan kemampuan diri.

Pendidikan adalah bekal yang paling berharga dalam menghadapi masa depan, dan dengan sertifikasi internasional ini, para siswa memiliki modal besar untuk melangkah lebih jauh dalam mencapai cita-cita mereka.

"Mari kita terus mendukung anak-anak kita, baik di bidang akademik maupun pengembangan karakter, agar mereka menjadi generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berakhlak mulia dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, bangsa, dan negara," ucapnya.

Baca juga: Peningkatan kapasitas Jalan Kapten Mulyono Sampit mulai dikerjakan

Sementara itu, mewakili Disdik Kotim ia juga menyampaikan apresiasi kepada UCMAS Sempoa Sampit yang menjadi kebanggaan bagi Kotim, karena ternyata di Kalteng pusat UCMAS Sempoa berada di Sampit, hanya ada beberapa kabupaten yang memiliki UCMAS Sempoa dan itupun cabang dari UCMAS Sempoa Sampit.

UCMAS yang tersebar di 80 negara menjadi satu-satunya lembaga organisasi Sempoa terbesar saat ini. UCMAS Sempoa Sampit juga telah membuktikan perannya dalam mendukung peningkatan prestasi akademik bagi anak-anak di Kotim.

"Anak-anak kita, khususnya di jenjang SD dan SMP terbukti lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran dengan mengikuti Sempoa Sampit, hal itu sangat baik sehingga prestasi akademik bisa di support oleh pendidikan di luar sekolah," sebutnya.

Ia menambahkan, pemerintah daerah melalui Disdik Kotim selalu siap mendukung kegiatan yang digelar UCMAS Sempoa Sampit. Misalnya, jika membutuhkan dukungan pemberian piagam penghargaan dan sebagainya. Hal ini sebagai bentuk apresiasi Pemkab Kotim atas keberadaan UCMAS Sempoa Sampit.

Baca juga: Sambut Hari Rabies Sedunia, DPKP Kotim siapkan 300 vaksin gratis

Pimpinan UCMAS Sempoa Sampit, Kalimantan Tengah Erni Susilowati menyampaikan, UCMAS Sempoa Sampit berdiri dari tahun 2000 hingga sekarang, semuanya tak lepas dari dukungan pemerintah daerah.  Oleh sebab itu, pihaknya turut berterima kasih kepada pemerintah daerah atas dukungan terhadap lembaga pendidikan non formal yang pihaknya jalankan.

"UCMAS Sempoa Sampit juga terus berkomitmen untuk generasi muda yang berprestasi, khususnya di bidang Aritmatika dan Sempoa," kata Erni Susilowati.

UCMAS Sempoa Sampit adalah calon Sempoa Nasional dan calon UCMAS internasional yang menjadi sarana bagi peserta didiknya untuk mengikuti lomba daerah, nasional maupun internasional yang diharapkan menjadi motivasi bagi anak untuk tetap semangat belajar serta menjadi anak yang rajin dan baik.

Baca juga: Pemkab Kotim rencanakan kawasan ekonomi khusus untuk pemerataan pembangunan

Baca juga: Masyarakat diminta waspadai penipuan mencatut pejabat Disdik Kotim

Baca juga: Rekomendasi pimpinan definitif lengkap, Rimbun jadi Ketua DPRD Kotim