Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, meraih penghargaan nasional sebagai juara pertama kategori pemerintah kota dengan indeks implementasi “Berorentasi Pelayanan” yang dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Capaian ini sebagai bentuk berkomitmen pemerintah kota membumikan BerAkhlak sejak 'core values' dan 'employer branding' baru bagi Aparatur Sipil Negara diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 27 Juli 2021 yang lalu," kata Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin di Palangka Raya, Jumat.

Dia pun berharap, penghargaan itu menjadi penyemangat jajaran aparatur sipil negara di wilayah "Kota Cantik" untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kepala daerah termuda di wilayah Kalteng ini pun berharap, dengan penghargaan tersebut, "Kota Cantik" semakin dikenal karena kelebihan dan prestasinya, bukan dari kekurangannya.

"Saya juga minta para ASN juga semakin Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAkhlak) dalam menjalankan tugas sebagai pelayanan masyarakat," terangnya.

Baca juga: Disnaker Palangka Raya siapkan lima program pelatihan kerja

Dia mengatakan, memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat merupakan kewajiban setiap aparatur sipil negara. Pelayanan yang diberikan juga harus sesuai dengan standar operasional prosedur dengan menerapkan nilai-nilai transparansi, akurasi, kesetaraan dan tidak berbelit-belit serta profesionalitas.

Lebih lanjut Fairid menerangkan, penghargaan yang diterima Pemerintah Kota Palangka Raya diterimanya di Jakarta beberapa waktu lalu. Diserahkan oleh pendiri Accelerated Transformation Consulting (ACT)International, Ary Ginanjar Agustian.

Penghargaan itu sendiri diinisiasi ACT Consulting International bekerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Ary Ginanjar mengatakan, pada penghargaan itu, Pemkot Palangka Raya memperoleh nilai Berorientasi Pelayanannya menjadi yang tertinggi di atas rata-rata nasional yakni 70,5 persen dengan kategori B.

"Selain Berorientasi Pelayanan yang nilainya di atas rata-rata nasional, Pemko Palangka Raya juga unggul dinilai kompeten, harmonis dan kolaboratif," katanya.

Baca juga: Kominfo Palangka Raya: Warga waspadai hoaks jelang tahun politik 2024

Baca juga: Warga Palangka Raya diminta tak bakar lahan sembarangan saat cuaca panas

Baca juga: Polda Kalteng cegah masuknya narkoba dari provinsi tetangga

Pewarta : Rendhik Andika
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024