Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak mengingatkan sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota di wilayah ini, lebih serius dan optimal dalam meningkatkan infrastruktur pendukung ke seluruh objek wisata yang ada di provinsi ini.

Kualitas pelayanan hingga promosi pariwisata pun masih harus lebih ditingkatkan oleh pemda se-Kalteng, kata Abdul Razak di Palangka Raya, Senin.

"Pengembangan pariwisata tersebut pun harus lebih terencana dan berkelanjutan, agar hasilnya semakin maksimal," tambahnya.

Menurut anggota DPRD Kalteng tiga periode ini, sektor pariwisata memiliki peran vital dalam mendiversifikasi perekonomian daerah serta meningkatkan daya tarik provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini sebagai destinasi wisata.

Abdul Razak mengatakan potensi pariwisata di provinsi ini bukan hanya kaya akan keindahan alam, namun juga keanekaragaman budaya, dan warisan sejarah menarik yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota se-Kalteng.

Untuk itu, lanjut dia, pengembangan pariwisata yang berbasis pada keberlanjutan, kearifan lokal, dan partisipasi masyarakat merupakan kunci keberhasilan dalam mengembangkan industri pariwisata di daerah ini.

"Jadi, saya dorong pemda, pelaku wisata, dan komunitas untuk bekerja sama dalam menjaga keberlanjutan lingkungan, melestarikan budaya lokal, dan meningkatkan kualitas layanan pariwisata," ucapnya.

Baca juga: Strategis tingkatkan literasi di Kalteng, perpustakaan harus terus didukung

Politisi senior Partai Golkar ini menyebut, dengan fokus pada pengembangan pariwisata yang berkelanjutan, diharapkan Kalimantan Tengah dapat menjadi destinasi wisata yang unggul, menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara, serta memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Dia mengatakan, dua Potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kalimantan Tengah dapat menjadi motor penggerak pembangunan ekonomi lokal, peningkatan lapangan kerja, serta peningkatan inovasi dan investasi di sektor pariwisata.

"Jadi, dapat memberikan manfaat yang besar bagi Kalteng secara keseluruhan," demikian Abdul Razak.

Baca juga: Pemda se-Kalteng diminta lebih perbanyak aksi tangani stunting dan kemiskinan

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng minta pemda tetap gencar lakukan reboisasi

Baca juga: Rekomendasi DPRD Kalteng terkait LKPJ jadi masukan strategis pemprov

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024