Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Ruselita mengajak sekaligus meminta kepada seluruh orang tua, agar dapat memastikan anaknya telah mendapatkan imunisasi atau vaksin polio.

"Ini sebagai langkah pencegahan dini terhadap penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kelumpuhan permanen," kata Ruselita di Palangka Raya, Kamis.

Dirinya menekankan pentingnya kesadaran dan partisipasi aktif dari para orang tua dalam program imunisasi untuk melindungi kesehatan anak-anak. Sebab, imunisasi polio telah terbukti sebagai metode yang aman dan efektif dalam menangani penyebaran virus polio, sehingga partisipasi masyarakat dalam program imunisasi sangatlah penting.

"Menurut saya imunisasi polio sebagai langkah preventif yang efektif dalam melindungi anak-anak dari penyakit tersebut," ucapnya.

Legislator asal Perindo ini  juga menekankan bahwa imunisasi polio tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan individu anak, tetapi juga berkontribusi dalam upaya pemberantasan polio secara luas.

Ruselita mengatakan dengan memastikan bahwa anak-anak mendapatkan imunisasi polio sesuai jadwal yang ditentukan, masyarakat turut berperan dalam menciptakan generasi emas.

Baca juga: Mulai tahun 2025, PKL di Palangka Raya dilarang berjualan di dua lokasi

"Siapa yang tidak ingin anaknya bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Maka dari itu, masyarakat jangan sampai berspekulasi yang aneh-aneh. Ini semua demi kebaikan bersama," tukas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, drg Andjar Hari Purnomo mengatakan, bahwa tahun ini pihaknya menargetkan sebanyak 42.232 anak dilakukan imunisasi polio.

Untuk mencapai target tersebut, vaksin polio akan dilaksanakan di beberapa fasilitas kesehatan dan titik strategis seperti Posyandu, PAUD, TK, SD dan satuan pendidikan lainnya di Kota Palangka Raya.

"Tentunya dengan dukungan semua pihak, Saya berharap PIN Polio di Kota Palangka Raya akan sukses dengan target yang telah kita canangkan," demikian Andjar.

Baca juga: Pelaku usaha Palangka Raya disarankan terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

Baca juga: Waspada masuk rumah, warga diminta pelajari cara mencegah jenis hewan liar

Baca juga: Cegah kematian ibu dan anak di Palangka dengan memperkuat peran posyandu

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024