Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan tengah (Kapolda Kalteng) Irjen Pol Djoko Poerwanto menyerukan pentingnya keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) melalui peran aktif pemuda-pemudi di provinsi ini.

"Kegiatan ini bertujuan membangun komunikasi yang baik antara Polda Kalteng dan masyarakat. Kami berharap hal ini dapat memberikan manfaat nyata, terutama dalam menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar Kalteng tetap aman dan nyaman," kata Irjen Pol Djoko Poerwanto usai menghadiri kegiatan Deep Talk Bersama Pemuda-Pemudi se-Kalteng dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-96, di Palangka Raya, Kamis.

Orang nomor satu di lingkup Polda Kalteng itu menjelaskan, peran aktif pemuda sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Personel Polda Kalteng tidak bisa menjaga keamanan apabila tidak menggandeng masyarakat.

"Saya dan para kapolres di seluruh wilayah Kalteng terus mendorong agar situasi di Kalteng dapat lebih baik. Ini hanya bisa tercapai jika kita bersama-sama menjaga kamtibmas," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, jenderal berpangkat bintang dua itu juga menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak sekadar membangun komunikasi, tetapi juga sebagai sarana berbagi wawasan tentang pentingnya peran pemuda dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tertib.

Baca juga: Polda Kalteng bentuk tim khusus tangani maraknya aksi pembakaran rumah kosong

Menurutnya, Kalteng membutuhkan dukungan semua pihak, terutama generasi muda, dalam menjaga stabilitas dan ketertiban di masyarakat.

Kegiatan Deep Talk ini dihadiri oleh puluhan pemuda dari berbagai wilayah di Kalteng. Mereka diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam menyebarluaskan pesan-pesan kamtibmas di lingkungan masing-masing.

"Dengan adanya kegiatan ini, Polda Kalteng berharap dapat terus bersinergi dengan masyarakat untuk menciptakan situasi yang aman, nyaman, dan kondusif di seluruh wilayah Kalteng," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, suasana masa kampanye Pilkada Serentak 2024 di wilayah hukum Polda setempat masih relatif aman dan tidak ada gangguan.

Beberapa waktu lalu Polda Kalteng dan Polresta Palangka Raya menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), guna memastikan ketika terjadi gangguan kamtibmas ratusan personel yang disiapkan siap mengamankan gangguan tersebut.

Baca juga: Polda Kalteng temukan 50,6 kilogram sabu disembunyikan dalam jeriken

Baca juga: 350 personel dikerahkan untuk amankan debat pertama Pilkada Kalteng

Baca juga: Polda Kalteng terjunkan 358 personel dalam Operasi Zebra Telabang 2024

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024