Kalteng Luncurkan Kartu Kalteng Barigas

id Kalteng Luncurkan Kartu Kalteng Barigas, Kartu sehat

Kalteng Luncurkan Kartu Kalteng Barigas

Ilustrasi, Kartu Jakarta Sehat, (www.antaranews.com) (Istimewa)

Kalteng Barigas sebagai upaya mempercepat penerapan program universal coverage sebelum 1 Januari 2019 seperti yang ditargetkan Pemerintah Pusat,"
Palangka Raya, 23/5 (Antara) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah meluncurkan kartu Kalteng Barigas sebagai jaminan kesehatan kepada masyarakat pada upacara memperingati hari jadi ke-56 provinsi tersebut di Palangka Raya, Kamis.

Gubernur Agustin Teras Narang mengatakan, tahap pembagian kartu Barigas diberikan kepada damang, mantir adat, tokoh agama, tokoh masyarakat petugas pemadam kebakaran, kader kesehatan, keluarga miskin yang belum tertampung dalam program Jamkesmas.

"Jumlah kartu yang akan disebar tahun 2013 sebanyak 500 lembar dengan jumlah anggaran Rp2 miliar," kata Teras seraya berharap program Kalteng Barigas bisa diikuti Kabupaten/Kota di Provinsi yang dijuluki "Bumi Tambun Bungai" tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Rian Tangkudung mengatakan, peluncuran kartu Kalteng Barigas diberikan sesuai Undang-Undang (UU) No.40/2004 tentang sistem jaminan sosial nasional, UU No.24/2011 tentang badan penyelenggara jaminan sosial dan Peraturan Presiden No.12/2013.

Dia mengatakan, kartu yang telah dibagi kepada masyarakat sudah dapat digunakan pada 1 Juli 2013 dan berlaku selama lima tahun sejak dikeluarkan.

"Kalteng Barigas sebagai upaya mempercepat penerapan program universal coverage sebelum 1 Januari 2019 seperti yang ditargetkan Pemerintah Pusat," kata Rian.

Peluncuran kartu Kalteng Barigas mendapat sambutan positif dari Kabupaten/Kota yang menurut rencana akan diikuti pada 2014 dengan menganggarkan dari APBD masing-masing.

Tahap awal kartu Kalteng Barigas hanya dilaksanakan Pemprov karena itu merupakan gagasan Gubernur Teras Narang dan Wakil Gubernur Achmad Diran.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena semua akan mendapatkan kartu tersebut. Harapan kami tidak ada yang ganda, sudah menerima kartu jaminan kesehatan tapi juga kartu Kalteng Barigas," demikian Kepala Dinas Kesehatan Kalteng.



(T.KR-JWM/B/S019/S019)