Pemkab Barito Selatan Gelar Kontes Batu Akik

id Pemkab Barito Selatan Gelar Kontes Batu Akik, Bupati Barsel Ir HM Farid Yusran

Pemkab Barito Selatan Gelar Kontes Batu Akik

Bupati Barsel, Ir HM Farid Yusran, MM (baju putih) bersama ketua TP- PKK Barsel, Hj Yangsi Hartini Farid Yusran, SH, MM saat menyaksikan kontes batu akik di stadion Batuah Buntok, 20/9, Minggu. (FOTO ANTARA Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah menggelar kontes batu akik pada pameran Barsel Expo 2015 di Stadion Batuah Buntok.

"Dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengakomodir dan peduli terhadap kecenderungan di masyarakat," kata Bupati Barsel Ir HM Farid Yusran MM saat membuka acara tersebut di Buntok, Minggu.

Ia mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini juga untuk mendorong para pelaku usaha batu akik supaya lebih kreatif dalam memanfaatkan peluang dari kecenderungan bisnis batu akik yang sedang naik saat ini.

"Kecenderungan batu akik ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif sumber usaha bagi masyarakat di tengah lesunya perekonomian nasional," ucapnya.

Melalui batu akik ini juga lanjut dia, dapat menjadi salah satu alternatif usaha di tengah turunnya harga komoditas rotan maupun karet yang menjadi andalan penghidupan masyarakat Barsel.

"Kita mengharapkan kontes batu akik yang pertama kali dilaksanakan ini dapat menjadi agenda tetap sehingga para penggiat dan pecinta batu akik mempunyai media promosi dalam pengembangan ekonomi kreatif secara terus-menerus," ujar Bupati.

Ketua Panitia Agus Taruna SH mengatakan peserta yang mengikuti kontes batu akik ini berasal dari sejumlah kabupaten di wilayah Kalteng dan Kalimantan Selatan.

"Sedangkan untuk juri yang menilai kontes batu akik ini, kita menghadirkan juri yang sudah memiliki kualifikasi dan pengalaman berstandart nasional," kata Agus Taruna.