Gubernur Akan Buka Raimuna dan Safari Sepeda se-Kalteng di Kapuas

id kapuas, hari pramuka, bupati kpuas, gubernur kalteng

Gubernur Akan Buka Raimuna dan Safari Sepeda se-Kalteng di Kapuas

Ilustrasi - Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran saat mengunjungi kontingen Pramuka Kwarcab Kapuas, di arena Cibubur pada jambore Nasional beberapa waktu lalu. (Foto Humas Pemkab Kapuas)

Kuala Kapuas (Antara Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran dijadwalkan membuka tiga event besar sekaligus di Kabupaten Kapuas, yakni Raimuna Daerah, Hari Pramuka ke-55, dan Safari Sepeda Tingkat Daerah Kalimantan Tengah pada 1 - 6 November.

"Bapak Gubernur Kalimantan Tengah direncanakan akan bertindak sebagai pembina upacara pada Peringatan Hari Pramuka ke-55 sekaligus membuka Raimuna Daerah dan Safari Sepeda Tingkat Daerah Kalimantan Tengah di Kuala Kapuas," kata Dr Soewarno Muriyat, ketua penyelenggara kegiatan dalam rapat koordinasi, Minggu (30/10) di sanggar Pramuka Kapuas.

Pada saat upacara pembukaan yang akan dilaksanakan pada Kamis (3/11) seluruh bupati/walikota dan Ketua Kwartir Cabang se Kalimantan Tengah akan hadir juga, ucapnya.

Menurut Soewarno yang juga menjabat sebagai Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Kapuas, sehari sebelumnya Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat menerima Ketua Kwarcab Kapuas Rianova dan dirinya selaku Sekretaris Kwarcab menyatakan bahwa Bupati mendukung sepenuhnya ketiga kegiatan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kuala Kapuas.

Kegiatan nanti, lanjutnya, akan diisi sejumlah kegiatan yang diantaranya pada Rabu (2/10) sore dilaksanakan lomba pawai karnaval yang diawali dengan Upacara Adat Isen Mulang dipimpin langsung Bupati Kapuas, dilanjutkan malam harinya acara selamat datang dan ramah tamah oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas dan Ketua TP PKK di Rumah Jabatan Bupati Kapuas.

"Seribu lebih Peserta Raimuna Daerah adalah Pramuka Penegak dan Pandega se Kalimantan Tengah juga dari 9 Kwartir Ranting, Gugus depan dan Satuan Karya se Kwarcab Kapuas, selama enam hari mereka akan hidup dalam perkemahan di Stadion Olahraga Panunjung Tarung Kuala Kapuas," jelasnya.

Selain itu sedikitnya ada 5 kelompok kegiatan utama diikuti peserta secara rotasi, diantaranya life skill, scouting skill, bakti sosial, seni budaya, gebyar masakan daerah, serta 5 kelompok kegiatan pendukung berupa corve, safari sepeda, seminar, upacara dan penjelajahan. 

Raimuna Daerah yang bertemakan "Bersatu Utuh, Tegar Mandiri, Ceria dan Penuh Karya" seluruh peserta akan mempelajari tarian daerah, kerajinan getah nyatu, anyaman rotan, hidroponik, jurnalistik, protokoler dan fotografi.

"Mereka juga akan kami ajak mengunjungi Gereja Imanuel di Mandomai, Pura Jagatnatha di Basarang, Masjid Al Mukarram Amanah Kapuas, Huma Betang Sei Pasah dan Balai Adat. Tujuannya adalah untuk mengenal adat istiadat dan potensi wisata yang ada di Kabupaten Kapuas," ucapnya.