Maskapai Citilink Tertarik Layani Penerbangan di Sampit

id Pemkab Kotim, bupati kotim, supian hadi, Citilink , sampit, kotim, penerbangan Citilink, Maskapai Citilink Tertarik Layani Penerbangan di Sampit

Pesawat Citilink lepas landas. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Sampit (Antara Kalteng) - Maskapai Citilink menyatakan ketertarikan mereka untuk melayani penerbangan di Bandara Haji Asan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, karena dinilai cukup strategis.

"Secara hitung-hitungan, mereka lebih tertarik ke Sampit ketimbang ke kawasan Timur karena di sana sudah banyak pesawat, sedangkan di sini masih sedikit. Mudah-mudahan saja ini terwujud," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Rabu.

Pekan lalu, Supian didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kotawaringin Timur H Fadlian Noor dan Kepala Bandara Haji Asan Sampit Zuber, menyampaikan paparan di depan manajemen Citilink. Pemerintah daerah mengajak dan meyakinkan manajemen Citilink untuk melayani penerbangan di Sampit.

Saat ini Bandara Haji Asan Sampit diterbangi pesawat milik Sriwijaya Air, Wings Air dan NAM Air. Pemerintah daerah mengundang maskapai lain untuk masuk karena penumpang terus meningkat.

Makin banyak maskapai yang masuk, dinilai akan lebih baik. Diharapkan akan terjadi persaingan sehat yang menguntungkan masyarakat selaku konsumen.

Menurut Supian, manajemen Citilink mengakui mempunyai satu unit pesawat yang sedang persiapan untuk penerbangan ke arah Timur. Namun setelah mendengar paparan tentang kondisi di Sampit, mereka mengaku tertarik melakukan ekspansi ke Sampit.

Manajemen Citilink menunggu menunggu slot time ke Jakarta yang saat ini masih cukup sulit didapat. Slot time adalah jadwal waktu kedatangan (arrival) dan keberangkatan (departure) yang dialokasikan oleh kordinator ATFM untuk pergerakan pesawat pada waktu atau tanggal yang ditetapkan yang disesuaikan atau diselaraskan dengan fasilitas bandara yang ada atau jadwal menggunakan fasilitas tersebut.

"Pihak Citilink dalam beberapa pekan ke depan akan meninjau langsung ke Kotawaringin Timur untuk melihat kondisi Bandara Haji Asan Sampit. Mereka juga minta jaminan terkait perpanjangan landasan pacu," sambung Supian.

Supian berharap makin banyak maskapai yang melayani penerbangan di Bandara Haji Asan Sampit. Transportasi merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan ekonomi daerah. 

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar