Wah! Tiga Puskesmas Ini Belum Miliki Dokter

id puskesmas di kotim, dokter, dinkes kotim

Wah! Tiga Puskesmas Ini Belum Miliki Dokter

Ilustrasi - Dokter. (istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah masih kekurangan tenaga kesehatan, bahkan saat ini masih ada tiga puskesmas di kawasan pelosok yang belum memiliki dokter.

Tiga puskesmas yang belum ada dokternya yaitu di Kecamatan Tualan Hulu, Bukit Santuai dan Antang Kalang, kata kata Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur, dr Faisal Novendra Cahyanto di Sampit, Minggu.

"Kami terus berupaya mencarikan solusinya, khususnya bagi Puskesmas Antang Kalang, harus ada dokternya karena tahun depan harus akreditasi," katanya.

Kotawaringin Timur memiliki 17 kecamatan yang sebagian kecamatan masih cukup sulit akses jalan daratnya. Kondisi inilah yang diduga menyebabkan banyak dokter yang kurang tertarik mengisi lowongan di kawasan pelosok.

Tiga puskesmas yang belum memiliki dokter tersebut berada di kawasan utara. Untuk mencapai tiga kecamatan itu, dibutuhkan waktu tempuh empat hingga enam jam perjalanan darat dari pusat kota Sampit.

Kehadiran dokter di puskesmas sangat dibutuhkan agar pelayanan kepada masyarakat lebih optimal. Apalagi jarak satu kecamatan dengan kecamatan lain cukup jauh sehingga pertolongan pertama yang optimal yang dibutuhkan untuk mengurangi risiko terhadap pasien.

"Pemerintah daerah akan menaikkan insentif dokternya menjadi Rp15 juta per bulan. Mudah-mudahan banyak dokter yang bersedia bertugas di tiga puskesmas tersebut," kata Faisal.

Sementara itu, pemerintah daerah juga terus meningkatkan fasilitas dan kualitas pelayanan di puskesmas agar memenuhi standar seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Saat ini puskesmas yang sudah memenuhi standar yaitu Puskesmas Baamang II. Januari 2018 nanti juga akan dilakukan standarisasi Puskesmas Puskesmas Ketapang II,

Tahun depan kita standarkan Puskesmas Cempaga, Kotabesi, Pasir Putih dan Tualan Hulu.

Saat ini Kotawaringin Timur memiliki 21 puskesmas, di antaranya Puskesmas Baamang II dan Ketapang II yang sudah bisa melayani rawat inap. Tahun 2018 juga akan dilakukan rehab total Puskesmas Cempaga dan rehab Puskesmas Kotabesi.