Nah! Legislator Ingatkan OPD Seruyan Agar Kurangi Perjalanan Dinas

id DPRD Seruyan, Khairil Yadi, OPD Seruyan

Nah! Legislator Ingatkan OPD Seruyan Agar Kurangi Perjalanan Dinas

DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Khairil Yadi. (Khairil Yadi)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Khairil Yadi mengingatkan pimpinan satuan organisasi perangkat daerah di lingkungan pemkab setempat untuk dapat mengurangi perjalanan dinas yang banyak menghabiskan anggaran.

"Untuk efisiensi anggaran, perjalanan apatur di OPD harus dikurangi ke depan," katanya di Kuala Pembuang, Rabu.

Politisi PDIP ini mengatakan, penghematan belanja rutin yang membebani anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) termasuk perjalanan dinas harus dilakukan sehingga dana tersebut dapat dialihkan untuk membiayai kegiatan lain yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan mengurangi perjalanan dinas, maka pemerintah punya dana yang dapat dialihkan untuk melakukan pembangunan pada sektor produktif dalam rangka mengembangkan perekonomian daerah.

Ia menambahkan, besarnya anggaran untuk perjalanan dinas bagi SOPD di "Bumi Gawi Hatantiring" sebenarnya sudah sering disoroti oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov), seperti tahun-tahun sebelumnya biaya perjalanan dinas Pemkab Seruyan mencapai Rp70 miliar lebih.

"Perjalanan dinas ini sudah kelebihan, sekelas Kepala Bidang (Kabid) yang ada di SOPD mendapat dana untuk perjalanan dinas hingga Rp80 juta," katanya.

Meski demikian, menurutnya, perjalanan dinas boleh saja dilakukan apabila dalam perjalanannya dapat menghasilkan program dan tindak lanjut ke depan, sehingga berdampak positif untuk pembangunan masyarakat.

"Kemudian, apabila ingin melakukan perjalanan dinas, maka sebelumnya harus melalui perencanaan matang, tujuannya adalah agar sekembalinya dari kegiatan itu sudah ada tindakan program lanjutan sehingga dapat benar-benar bermanfaat bagi pembangunan daerah," katanya.

Ramainya perjalanan dinas ke luar daerah ini juga telah menjadi sorotan masyarakat. Sebab perjalanan dinas yang dilakukan kurang berkontribusi terhadap pembangunan di daerah sendiri, buktinya hingga sekarang Seruyan masih termasuk dalam kategori kabupaten tertinggal di Kalteng.