Empat pemuda wakili Barut audisi GBN Kalteng

id GBN kalteng,Arbaidi,Barito Utara

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara H Arbaidi memberikan selamat kepada pemenang GBN tingkat kabupaten setempat di Muara Teweh. (Istimewa)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Empat pemuda-pemudi di Kabupaten Barito Utara mewakili kabupaten setempat pada audisi Gita Bahana Nusantara tingkat Kalimantan Tengah yang dijadwalkan pada Mei 2018 di Palangka Raya.

"Keempat orang ini merupakan pemenang audisi tingkat Kabupaten Barito Utara yang dengan peserta 112 orang," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara, Arbaidi di Muara Teweh, Kamis.

Empat orang para juara pertama itu antara lain Juara 1 Bass Hussain Syah (siswa SMAN 1 Muara Teweh), juara 1 Tenor Arief Ali Rachman (Alumni SMKN 1 Muara Teweh), Juara 1 Alto Keriyati (Alumni SMAN 2 Muara Teweh) dan juara 1 Sopran: Nefha Kristilla (SMAN 1 Muara Teweh).

Dalam seleksi tingkat Provinsi Kalteng ini, kata dia, Kabupaten Barito Utara hampir setiap tahun maju ke tingkat nasional sebagai peserta paduan suara GBN di Istana Negara pada setiap perayaan HUT Kemerdekaan pada 17 Agustus.

"Kita harapkan tahun ini Barito Utara bisa kembali tingkat nasional lagi, untuk mempersiapkan audisi tingkat Kalteng ini kami membuka pelatihan vokal dan notasi gratis setiap hari Minggu sore sebagai keseriusan dalam pengembangan kesenian khususnya vokal," katanya.

Pihaknya memberikan apresiasi dengan keberhasilan ini dan merupakan prestasi luar biasa serta membanggakan untuk Kabupaten Barito Utara dan Kalteng pada umumnya.

Selain tampil di paduan suara bersama 34 Provinsi di Tanah Air lainnya juga akan tampil sebagai aubade di Istana Negara pada Hari Kemerdekaan RI, kemudian di DPR-MPR RI, di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta audinse dengan Presiden Joko Widodo dan jajarannya.

"Kami tetap berharap tahun ini akan ada perwakilan Barito Utara yang bisa mewakili Kalteng di GBN di Istana Negara," ujar Arbaidi.

Barito Utara pernah mendapatkan juara GBN sampai ke tingkat nasional dan tampil di Istana Merdeka sudah delapan Orang antara lain Puspo Pristiwantoro (2007), Veronica Penilaba (2009), Muhammad Erfani (2013), Hana Aulia dan Nur Afni Munawaroh (2015), Hairul Anwar, Yosefina JT dan Yoaneva Aisha (2016) serta tahun 2017 Ria Debora Situmeang dan Zola Rifano. 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar