Tiga remaja Barito Utara terpilih ikut GBN ke Istana Merdeka

id gbn barut,gbn kalteng,paduan suara ,istana negara,barito utara,kalteng,gita bahasa nusantara

Tiga remaja Barito Utara terpilih ikut GBN ke Istana Merdeka

Tiga orang remaja dari Barito Utara yakni Lolita Handayani, Aulianur Fajri dan Danang Nugroho mewakili Kalteng untuk mengikuti GBN 2022 di Istana Merdeka Jakarta.ANTARA/HO-Dinas Budparpora Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Tiga pemuda-pemudi Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, pada 2022 ini terpilih untuk mewakili provinsi tersebut sebagai peserta konser kemerdekaan Gita Bahana Nusantara (GBN) di Istana Merdeka. 

Ketiga remaja yang mewakili Barito Utara itu sekaligus sebagai juara umum pada seleksi tingkat Kalteng yakni juara I Sopran atas nama Lolita Handayani, juara I Bass diraih Aulianur Fajri dan juara I Tenor oleh Danang Nugroho 

"Mereka akan menjadi wakil Kalteng di paduan suara Istana Merdeka pada 17 Agustus 2022, Sidang MPR 16 Agustus dan Konser Kemendikbud RI 15 Agustus. Diberangkatkan ke Jakarta pada 30 Juli-20 Agustus 2022," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Barito Utara Annisa Cahyawati di Muara Teweh, Minggu

Menurut dia, prestasi remaja putra dan putri  merupakan pencapaian luar biasa dan menjadi kado yang indah dan istimewa pada hari jadi Kabupaten Barito Utara ke-72  yang diperingati pada 29 Juni 2022.

"Alhamdulillah, prestasi ini berkat dukungan dari pimpinan dan doa masyarakat di daerah ini," katanya.

Baca juga: Empat remaja Barito Utara kembali ditugaskan ke Istana Negara

GBN merupakan tim paduan suara dan orkestra para generasi muda  perwakilan 34 provinsi di Tanah Air. Hal ini dalam upaya peningkatan pembangunan karakter bangsa melalui pengembangan  seni musik serta pembinaan generasi muda dalam pementasan seni  budaya tingkat nasional.

Kabupaten Barito Utara merupakan salah satu kabupaten di Kalteng yang hampir setiap tahun terpilih mengikuti GBN pada 2019, 2020 dan 2022, sedangkan 2021 tidak dilaksanakan karena pandemi COVID-19.

"Kita harapkan melalui prestasi anak muda ini dapat memacu para remaja lainnya sebagai pembelajaran untuk membentuk karakter generasi muda serta menumbuhkan semangat kebangsaan dan perjuangan serta cinta Tanah Air melalui pewarisan dan internalisasi nilai budaya bangsa," ujar Annisa.

Barito Utara biasanya hampir setiap tahun menjadi langganan juara  empat semua jenis suara musik yakni sopran, bass, tenor dan alto  yang di kirim ke Jakarta, namun tahun ini hanya tiga orang terpilih yaitu sopran,bass dan tenor, sedangkan untuk alto diraih remaja Kabupaten Kapuas atas nama Arine Anugrahni. 

Baca juga: Empat siswa Barito Utara wakili Kalteng ke Istana Negara

Baca juga: Empat remaja wakili Barito Utara audisi GBN Kalteng 2019

Baca juga: Barito Utara audisi calon duta paduan suara Istana Negara