Empat peserta GBN wakili Barito Utara di tingkat Kalteng

id gbn barito utara,gbn,gita bahana nusantara,barito utara,kalteng

Empat peserta GBN wakili Barito Utara di tingkat Kalteng

Empat peserta GBN akan mewakili Barito Utara ke tingkat Kalteng foto bersama Kadis Budparopra Annisa Cahyawati, Sekdis Budparopra, mewakili Kadis Pendidikan dan mewakili Kepala BappedaLitbang usai menerima plakat, piagam dan uang pembinaan di Muara Teweh, Sabtu (17/2/2024).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Empat remaja putra dan putri di Kabupaten Barito Utara, berhasil terpilih sebagai wakil paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) kabupaten setempat 2024 untuk mengikuti seleksi tingkat Kalimantan Tengah.

"Keempat remaja ini berhasil menjadi peserta terbaik tingkat kabupaten dan mereka akan berlomba pada tingkat provinsi di Palangka Raya," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara Annisa Cahyawati di Muara Teweh, Minggu. 

Menurut dia, keempat peserta masing-masing kategori yaitu Sopran atas nama Hildayanti dari SMAN 2, Alto atas nama Yesi Gusman dari MAN Barito Utara, Bass atas nama Miftahus Surur dari mahasiswa dan Tenor atas nama Andri Dwi Saputra dari SMAN 1 Muara Teweh.

Empat orang peserta terpilih ini akan mewakili Kabupaten Barito Utara dalam ajang seleksi tingkat propinsi Kalteng guna mengikuti seleksi pada tingkat propinsi untuk mewakili Provinsi Kalteng dalam paduan suara Istana Merdeka serta bergabung dengan utusan provinsi seluruh Indonesia yang akan tampil pada puncak peringatan HUT RI 2024.

"Para pemenang seleksi Gita Bahana Nusantara tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2024 mendapatkan plakat, piagam dan uang pembinaan," kata Annisa.

Adapun terbaik I dalam seleksi GBN tingkat Kabupaten Barito Utara 2024 yaitu Sopran : Hildayanti (SMAN 2), Alto : Yesi Gusman (MAN Barito Utara), Bass : Miftahus Surur (Mahasiswa) dan Tenor : Andri Dwi Saputra (SMAN 1).

Baca juga: Pemkab Barito Utara adakan seleksi GBN 2024

Terbaik kedua, untuk putra atas nama M. Endri Eka Difa (SMAN 1) dan putri Jennifer Ency (SMAN 1), terbaik III putra Haris Munandar (SHP), putri Gabriella Afva (SMAN 1)

Harapan I putra Fransiskus Marvin (SMP 1) dan putri Fitria Nur'izza (SMAN 1), Harapan II putra M. Royyan Habibi (MTSN) dan putri Sheyla Ardian (SMAN 1), Harapan III putra Alvan Obaja (SMAN 4)
dan putri Ahsan Nadia (Mahasiswi).

Kabupaten Barito Utara merupakan salah satu kabupaten di Kalteng yang hampir setiap tahun terpilih mengikuti GBN pada 2019, 2020 dan 2022, sedangkan 2021 tidak dilaksanakan karena pandemi COVID-19.

Kemudian pada 2022 hanya tiga orang terpilih yaitu sopran,bass dan tenor, untuk alto diraih remaja Kabupaten Kapuas atas nama Arine Anugrahni, sedangkan pada 2023 kembali terpilih dua remaja Barito Utara yakni Alya Zaskia suara alto yang merupakan siswi dari MAN Muara Teweh, dan Margonius Wijayanto (suara bass) siswa SMAN 1 Muara Teweh.