Dua remaja Barut terpilih ikut GBN ke Istana Merdeka

id gbn barito utara,paduan suara ,gita bahana nusantara,istana merdeka,hut kemerdekaan,barito utara,kalteng

Dua remaja Barut terpilih ikut GBN ke Istana Merdeka

Dua remaja dari Barito Utara Alya Zaskia dan Margonius Wijayanto mewakili Kalteng untuk mengikuti GBN 2023 di Istana Merdeka Jakarta foto bersama Sekda Muhlis, Kepala Dinas Budparpora setempat Annisa Cahyawati dan pelatih GBN Puspo Pristiwantoro di Muara Teweh, Senin (1/8/2023).ANTARA/HO-Dinas Budparpora Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Dua orang pemuda-pemudi Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, pada 2023 ini terpilih untuk mewakili provinsi tersebut sebagai peserta konser kemerdekaan Gita Bahana Nusantara (GBN) di Istana Merdeka. 

"Mereka akan menjadi wakil Kalteng di paduan suara Istana Merdeka pada 17 Agustus 2023," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Barito Utara Annisa Cahyawati di Muara Teweh, Selasa.

Menurut dia, kedua remaja tersebut Alya Zaskia suara alto yang merupakan siswi dari MAN Muara Teweh, dan Margonius Wijayanto (suara bass) siswa SMAN 1 Muara Teweh.

Prestasi remaja putra dan putri ini, kata dia, merupakan pencapaian luar biasa dan menjadi kado yang indah dan istimewa pada hari jadi Kabupaten Barito Utara ke-73 pada 29 Juni 2023.

"Alhamdulillah, prestasi ini berkat dukungan dari pimpinan dan doa masyarakat di daerah ini," katanya.

Kedua remaja Barito Utara ini bergabung dengan dua orang perwakilan Kalteng lainnya yakni Delvika Aura (suara sopran) dari Kabupaten Kotawaringin Barat dan Aditya Efraim (suara tenor) dari Katingan.

"Mereka akan menjalani pemusatan latihan lanjutan di Wisma Kinasih, Depok pada 1-19 Agustus," kata Annisa.

Sekretaris Daerah Barito Utara Muhlis mengatakan terpilihnya dua remaja di daerah ini menjadi anggota paduan suara Istana Merdeka dapat memberikan penampilan terbaik dan bisa menjadi kebanggaan masyarakat dan daerah.

"Semoga putra putri terbaik yang telah mewakili Kabupaten Barito Utara ini dapat memotivasi anak muda untuk tetap berkreasi dan juga membangun potensi diri menjadi lebih baik," ujar Muhlis 

GBN merupakan tim paduan suara dan orkestra para generasi muda  perwakilan 34 provinsi di Tanah Air. Hal ini dalam upaya peningkatan pembangunan karakter bangsa melalui pengembangan  seni musik serta pembinaan generasi muda dalam pementasan seni  budaya tingkat nasional.

Kabupaten Barito Utara merupakan salah satu kabupaten di Kalteng yang hampir setiap tahun terpilih mengikuti GBN pada 2019, 2020 dan 2022, sedangkan 2021 tidak dilaksanakan karena pandemi COVID-19.

Barito Utara biasanya hampir setiap tahun menjadi langganan juara  pada empat semua jenis suara musik yakni sopran, bass, tenor dan alto  yang di kirim ke Jakarta, namun pada 2022 hanya tiga orang terpilih yaitu sopran,bass dan tenor, untuk alto diraih remaja Kabupaten Kapuas atas nama Arine Anugrahni, sedangkan tahun ini hanya dua remaja.