Ini buah khas Barito Utara yang dikirim ke Presiden Jokowi dan Megawati

id Barut,barito utara,buah khas barito utara,buah dikirim ke Jokowi

Buah khas hutan di Barito Utara karantungen sejenis buah durian (Ist)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Satu buah khas Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, yakni buah sejenis durian `Karantungen` dikirim ke Jakarta untuk Presiden Joko Widodo.

"Bulan lalu kita kirim sebanyak enam karung buah Karantungen serta buah Layung yang juga merupakan buah hutan berjenis sama dengan durian selain ke Jokowi juga Ketua Umum PDIP Megawati Sukarno Putri serta menteri kabinet kerja," kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara (Barut) Setia Budi di Muara Teweh, Senin.

Menurut Budi, pengiriman buah tersebut ke Presiden sesuai permintaan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang pada awalnya meminta di kirimi buah durian "Gantar Bumi" yang merupakan durian varietas nasional asal Barito Utara.



Permintaan Gubernur itu langsung pihaknya penuhi yang meminta durian Gantar Bumi, namun didalam paket kiriman itu disertakan buah hutan sejenis durian yaitu Karantungen.

"Ternyata Gubernur Kalteng Sugianto sangat tertarik dengan buah Karantungen.Terakhir kita kirim sebanyak sembilan karung buah Karantungen serta buah Layung yang juga merupakan buah hutan berjenis sama dengan durian," kata Budi.

Buah Karantungen ini tumbuhan bebas di hutan banyak ditemukan di sejumlah kabupaten di Kalteng termasuk di Barito Utara serta Kalimantan Selatan.

Buah berduri ini sangat mirip dengan durian dan membedakan yakni ukurannya jauh lebih kecil dengan duri yang sedikit dan lebih panjang dibandingkan dengan durian pada umumnya.

Disamping itu untuk membuka buah Karantungan dengan dua cara yakni dengan cara seperti membuka buah durian dan cara lainnya dengan menggunakan pisau buahnya dibelah hingga isinya termasuk bijinya terbelah dua.

"Buah ini aroma isinya lebih menyengat dari durian," ujar Budi.

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar