Ternyata ini manfaat dan khasiat 'Bawang Dayak' bagi kesehatan

id khasiat bawang dayak,bawang dayak, khasiat Bawang Dayak baik bagi kesehatan

Salah satu penjual Bawang Dayak di kawasan Pasar Kahayan, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (Foto Jurnalis Warga/Rini)

... bawang dayak ini dulunya tidak banyak diminati, selain karena sulit dicari sebagian besar orang belum tahu khasiat yang terkandung pada tanaman itu
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Belum banyak yang mengetahui khasiat dari  bawang dayak, sehingga hanya sebagian orang saja yang memanfaatkannya. Padahal bawang ini memiliki manfaat dan khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan manusia.

Bawang dayak memiliki kandungan senyawa aktif yang sangat lengkap seperti  flavonoid, alkaloid, glikosida, steroid, fenolik, tanin, dan saponin. Jadi sangat wajar jika disebut sebagai tanaman sejuta manfaat dan banyak diburu para pecinta tanaman herbal.

Obat herbal tradisional asli Dayak, Kalimantan Tengah ini memiliki keampuhan dan tidak diragukan lagi dalam khasiatnya, kata Murni salah seorang penjual obat tradisional di Pasar Kahayan, Palangka Raya, Selasa.

Murni menambahkan, manfaat dan khasiat bawang dayak mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti mengobati mengobati kanker, jantung, asam urat, diabetes, pendarahan, serta untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Cara menggunakannya mudah, untuk bawang dayak kering cukup seduh 10 sampai 15 irisan dengan air panas, setelah itu minum dua sampai tiga kali sehari" katanya.

Air rendaman atau seduhan bawang dayak berwarna merah, katanya, ketika diminum rasanya sedikit pahit dan sepat, aromanya tawar. Namun bagi penderita non diabetes dapat dicampurkan dengan madu atau gula sesuai selera yang dikehendaki masing-masing.

Berdasarkan pengalaman Murni yang sudah menekuni usaha obat herbal tradisional asli Dayak selama 20 tahun secara turun temurun ini, ia menceritakan bawang dayak ini dulunya tidak banyak diminati, selain karena sulit dicari sebagian besar orang belum tahu khasiat yang terkandung pada tanaman itu. 

"Dulu harus masuk ke dalam hutan untuk bisa mendapatkan bawang ini,  tetapi sekarang sudah mudah untuk ditanam sendiri dan banyak warga yang membudidayakannya, jadi tidak perlu ke hutan lagi" tandasnya.

Murni menjelaskan, untuk harga satu bungkus bawang dayak kering dijual seharga Rp20 ribu dan untuk pembelian tiga bungkus dijual seharga Rp50 ribu dan beratnya kira-kira 250 gram perbungkus. 

Ramuan tradisional ini dijual dalam bentuk paket yang sudah diracik dan diberi keterangan khasiat serta cara mengonsumsinya.

Sedangkan untuk bawang yang masih segar, dijual per ikat dengan harga Rp20 ribu dan untuk pembelian tiga ikat dijual seharga Rp50 ribu yang kira-kira beratnya sekitar satu kilogram per ikat.

Selain bawang dayak, masih ada obat tradisional lainnya seperti akar-akaran yakni akar saluang belum, kayu akar kuning, pasak bumi, sarang semut, masisin, latak manuk dan masih banyak lagi.  

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar