Cara cepat atasi mata lelah akibat layar komputer

id Mata lelah,layar komputer,radiasi

Cara cepat atasi mata lelah akibat layar komputer

Ilustrasi mata (pixabay.com)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Untuk Anda yang bekerja di depan layar komputer sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk setidaknya mencoba salah satu trik di bawah selama 20-30 menit setiap beberapa jam sekali saat harus seharian bekerja di depan layar komputer atau di saat-saat tertentu yang membuat mata menjadi lelah
  • Setiap 20 menit menatap layar komputer atau membaca, alihkan pandangan sejauh mungkin di kejauhan selama satu-dua menit.
  • Alihkan pandangan dari layar atau teks, bayangkan sebuah jam. Fokus pada titik pusat “jam”, kemudian geser pandangan di perpindahan jarum jam (menandakan sejam, misal lihat arah pukul 1) tanpa menggerakkan kepala Anda. Kembalikan pandangan ke titik pusat jam, alihkan lagi ke arah pukul 2. Lakukan 10 kali.
  • Gunakan mata Anda untuk “menulis” huruf di dinding yang jauh — jaga agar kepala tidak ikut bergerak.
  • Sering-sering berkedip, terutama jika Anda sedang menatapi layar komputer atau menggunakan kontak lensa. Ini terdengar seperti tugas sederhana, tetapi ketika Anda butuh fokus pada layar komputer, hal remeh seperti berkedip pun bisa lupa untuk dilakukan.
Sama halnya dengan tubuh yang perlu olahraga dan asupan gizi, mata juga begitu! Sepasang mata sehat memerlukan makanan yang sehat. Anda banyak makanan yang menyehatkan mata, dan Anda bisa dengan mudah memasukkannya ke dalam menu makan Anda sehari-hari.

Dengan menggabungkan senam mata dan asupan gizi seimbang, Anda dapat meningkatkan produktivitas Anda, menghilangkan sakit kepala dan kekeliruan bekerja akibat mata lelah, dan bahkan mungkin mengurangi risiko Anda terhadap glaukoma.