Jangan ucapkan kalimat ini saat bertengkar dengan pasangan

id pasangan,bertengkar,kalimat,pantang,kasar,berkelahi,pacaran

Jangan ucapkan kalimat ini saat bertengkar dengan pasangan

ilustrasi (Pixabay.com)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Meski sedang bertengkar, Anda tetap harus menjaga ucapan Anda dengan pasangan. Jangan sampai ucapan Anda justru membuat pasangan Anda semakin marah dan tidak menemukan penyelesaian. Berikut ucapan yang sebaiknya jangan dikeluarkan saat bertengkar dengan pasangan.

1. “Terserah, tidak apa-apa”

Kalimat ini mungkin yang paling sering Anda dengar, atau bahkan kerap kali Anda ucapkan saat sedang kesal atau bertengkar dengan pasangan.
“Terserah, gak apa-apa kok”, kalimat ini bukan membuat pasangan Anda berhenti bertengkar atau melunakkan hati pasangan Anda, tapi justru akan meningkatkan emosinya.
Kalimat tersebut terkesan seperti Anda sudah malas dengan semua pertengkaran ini dan memilih untuk tidak peduli saja. Jika Anda melontarkan kalimat ini, pasangan juga menganggap bahwa Anda seperti tidak ingin lagi membahas masalah yang sedang dihadapi dan menghindarinya.

2. “Kamu tidak pernah …” atau “Kamu selalu …”

Kalimat-kalimat ini biasanya dilebih-lebihkan dan sering memicu emosi pasangan ketika dilontarkan. Pernyataan ini juga sering tidak akurat. Misalnya “Kamu gak pernah dengerin aku” atau “Kamu selalu begitu lagi, gak pernah berubah”.
Kalimat-kalimat semacam itu dapat membuat pasangan Anda menjadi defensif. Akibatnya, mereka mungkin akan kehilangan pesan yang sebenarnya dari apa yang akan Anda coba katakan.
Sebaliknya, lebih baik ucapkan hal-hal yang spesifik dan obyektif tentang apa yang mengganggu Anda, gunakan pernyataan yang dimulai dengan  “Aku” dan tetap jujur.  Misalnya, “Aku merasa sakit hati dan diabaikan kemarin ketika …”.

3. “Sudah! Kita sampai sini saja!”

Hindari mengatakan hal-hal yang akan Anda sesali nanti. Kalimat tersebut seperti ancaman yang sering nantinya membuat Anda menyesal.
Mengancam mungkin adalah hal yang paling menyakitkan yang dapat Anda katakan atau lakukan kepada pasangan Anda, terutama jika Anda benar-benar tidak bersungguh-sungguh.
Ancaman itu seperti kata-kata penghancur kepercayaan yang menyakitkan. Sayangnya, Anda tidak akan pernah bisa mengambilnya kembali ketika sudah terjadi. Daripada berkata seperti itu, sebaiknya berikan waktu sejenak untuk menenangkan diri dan emosi Anda dan pasangan.

4. “Kamu itu benar-benar seperti …”

Menyebut pasangan Anda dengan kata yang tidak semestinya atau merendahkan pasangan Anda bukanlah kalimat yang baik. Ini akan semakin membuat pasangan Anda marah dan merasa sangat tersakiti.
Kalimat hinaan sering digunakan sebagai cara untuk mengungkapkan kemarahan dan membuat orang lain merasa buruk. Akan tetapi, ini tidak akan memberikan resolusi konflik apa pun.
Atau justru, pasangan Anda akan memberikan serangan balik, yang akhirnya meruska hubungan dan membuat Anda merasa bersalah atas emosi negatif yang sudah dirasakan.

5. “Tapi …”

Kata ini sering untuk memotong pendapat pasangan Anda. Kebanyakan orang tidak suka dengan apa yang mereka katakan dihapus atau diberhentikan atau direndahkan.
Sampaikan tanggapan Anda dengan “dan” atau “pada saat yang sama” untuk menunjukkan bahwa Anda menghormati pendapat pasangan Anda, bahkan jika itu berbeda dari Anda.


sumber: hellosehat.com

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar