Palangka Raya nantikan penyerahan bus dari Kemenhub

id bus ,kemenhub,Palangka Raya nantikan penyerahan bus dari Kemenhub,bus hibah,aset

Palangka Raya nantikan penyerahan bus dari Kemenhub

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Eldy (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah berharap Kementerian Perhubungan segera menyerahkan bantuan lima unit bus sebagai bentuk kompensasi penyerahan pengelolaan dan aset Terminal WA Gara.

"Kami harap lima bus hibah sebagai bentuk kompensasi penyerahan pengelolaan dan aset Terminal WA Gara yang kini diambil Kemenhub itu segera diserahkan dalam tahun 2018," kata Kadishub Kota Palangka Raya, Eldi, Selasa.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat dikonfirmasi perkembangan penyerahan pengelolaan dan aset terminal terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah itu.

Keberadaan Terminal WA Gara yang berada di jalan Mahir Mahar, kawasan lingkar luar Kota Palangka Raya itu dulunya dibangun Kemenhub menggunakan mata anggaran dari sumber APBN.

Usai pembangunan selesai, selanjutnya Pemerintah Kota Palangka Raya mendapat pelimpahan kewenangan untuk melakukan pengelolaan terminal.

Selanjutnya pemerintah kota menggunakan APBD melakukan sejumlah penambahan fasilitas di terminal tersebut.

Namun beberapa waktu berselang muncul kebijakan pemerintah pusat yang menyatakan pengelolaan terminal AKAP diambil alih Pemerintah Pusat.

Usai melakukan perundingan dan negosiasi yang cukup alot selama beberapa kali antara pemerintah kota dan DPRD kota dengan kementerian perhubungan, akhirnya pemerintah kota menyepakati untuk menyerahkan aset tersebut.

"Namun persetujuan itu tercipta usai tercipta kesepakatan bersama yang salah satunya kementerian akan memberikan hibah bus sebagai ganti nilai aset milik pemerintah kota di terminal itu," katanya.

Untuk itu, seiring berjalannya penyerahan aset Terminal WA Gara kepada pemerintah pusat, maka pihaknya berharap hibah bus dapat segera direalisasikan.

"Rencananya, bus hibah kementerian itu akan kita manfaatkan sebagai sarana transportasi publik terutama angkutan antar jemput siswa sekolah yang jauh dari kota," kata Eldi.