Ada yang tahu apa itu virtual sim card?

id Ada yang tahu apa itu virtual sim card,Wiko

Ada yang tahu apa itu virtual sim card?

Ilustrasi. (Mobile Liker)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Wiko resmi meluncurkan smartphone seri Tommy 3 yang mengusung teknologi virtual sim card pertama di Indonesia dengan menggandeng perusahaan solusi akses internet Skyroam SIMO.

Teknologi virtual sim card memungkinkan smartphone terhubung ke internet tanpa perlu sim card dan wifi.

Skyroam SIMO akan secara otomatis mencari jaringan 4G paling stabil dan terbaik dimanapun lokasi pengguna berada bahkan hingga 130 negara di dunia,

"Kami membuat aplikasi yang disebut SIMO. Sebelumnya kita harus memasukkan sim card milik opertator, namun kini dengan aplikasi SIMO bisa tinggal klik langsung terhubung dengan internet," ujar CEO Skyroam, Jing Liu, dalam peluncuran Wiko di Jakarta, Kamis.

Dalam virtual sim card, SIMO memiliki dua proses yaitu rsim dan vsim.

Dalam proses rsim, SIMO memiliki server yang berisi sim bank di mana didalamnya telah menyimpan "sim card" dari operator-operator Indonesia yang telah bekerja sama, seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL dan Smartfren.

Ketika pengguna memencet tombol "conect" pada aplikasi SIMO, server yang berisi sim bank tersebut akan mengidentifikasi perangkat yang digunakan, di mana SIMO hanya dapat berjalan pada perangkat yang menggunakan chipset Mediatek, yang telah bekerjasama dengan SIMO.

Selanjutnya, terjadi proses vsim di mana ponsel terkoneksi ke tower BTS operator terdekat yang memiliki sinyal 4G paling stabil.

"Yang kami lakukan adalah transfer data, dari sim bank kami ke perangkat, kemudian perangkat terkoneksi ke tower, proses ini yang kami sebut virtual sim card," ujar Operating Director of Phone and iOT BU Skyroam, Lloyd.

Saat ini, Lloyd mengatakan sedang dalam pembicaraan dengan sejumlah platform pembayaran digital seperti OVO dan Tcash, untuk pembayaran paket yang masih direncanakan.

SIMO berenccana menghadirkan paket murah 1GB dengan harga sekitar Rp2.400. Ke depannya, SIMO juga berencana untuk menghadirkan opsi pembayaran lewat mini market, seperti Indomaret.

Lloyd juga mengatakan bahwa SIMO sedang dalam penjajakan dengan brand smartphone lain, seperti Xiaomi, Vivo dan Oppo.

"Wiko adalah partner pertama kami " ujar Lloyd.