Bupati Seruyan menghadiahkan bedah rumah kepada atlet berprestasi

id kabupaten seruyan,bupati seruyan,yulhaidir,atlet berprestasi seruyan

Bupati Seruyan menghadiahkan bedah rumah kepada atlet berprestasi

Rita Purnamasari menunjukkan berbagai medali yang berhasil diraih di rumahnya, Kuala Pembuang, Rabu (14/11/18). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Yulhaidir memberikan hadia berupa bedah rumah kepada atlet berprestasi di cabang olahraga atletik bernama Rita Purnamasari.

Bantuan diberikan pasca ramai diperbincangkan di media sosial tentang kehidupan Rita dan keluarganya yang serba kekurangan. Melalui akun facebooknya Bupati Seruyan Yulhaidir langsung memerintahkan instansi terkait melakukan peninjauan.

"Terima kasih informasinya, segera kami berikan bantuan bedah rumah dalam bulan ini juga. Keluarga yang bersangkutan diharapkan menyiapkan surat tanah dan fotocopy identitas diri," kata Yulhaidir, Rabu.

Usai pernyataan tersebut dikeluarkan, tim dari Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Parkimtan) setempat langsung mendatangi kediaman Rita untuk melakukan peninjauan.

Rumah yang terpisah jauh dari keramian ini, hanya berukuran 4x4 meter, terdiri dari ruang tamu yang juga dijadikan sebagai ruang keluarga serta tempat tidur. Sementara itu bagian belakang rumah berukuran 2x4 meter berfungsi sebagai dapur dan ruang tidur tambahan.

Rita merupakan anak ke-4 dari 9 orang bersaudara, dari pasangan Muslimah dan Marsidi yang sehari-harinya bekerja sebagai pembuat batu bata.

Muslimah mengatakan, perwakilan dinas sudah mendatangi kediamannya dan memberitahukan rencana bedah rumah yang akan diberikan kepada mereka. 

Pihaknya diminta menyiapkan kelengkapan berkas yang menjadi persyaratan dalam program tersebut. Sayangnya surat tanah milik mereka saat ini digadaikan ke bank lantaran memerlukan uang untuk keperluan mendesak.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah kabupaten terhadap rencana bantuan bedah rumah yang diberikan. Mengenai surat tanah yang sedang digadaikan, kami akan berkonsultasi dengan pihak bank," tuturnya.

Rita merupakan pelajar kelas 10 di SMK Negeri 1 Kuala Pembuang, ia merupakan atlet berprestasi pada cabang olahraga atletik. Saat ini ia sudah mengoleksi sebanyak 6 emas, 2 perak dan 2 perunggu dari berbagai kejuaraan.

Raihan prestasi tersebut diantaranya berhasil diraih pada Pekan Olahraga Provinsi XI Kalimantan Tengah tahun 2018, hingga Olimpiade Olahraga Siswa Nasional yang digelar di Yogyakarta pada tahun 2018.

"Saya senang dunia atletik sudah sejak kelas 1 SMP sederajat. Secara rutin saya berlatih setiap hari agar mengukir banyak prestasi, dan mengharumkan nama sekolah dan daerah, serta membuat bangga keluarga," beber dia.

Meski dalam kondisi serba terbatas seperti saat ini, dia tetap berterima kasih kepada semua pihak, mulai dari keluarga, guru dan pelatih, Pengurus Persatuan Atletik Seluruh Indonesia, Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia hingga pemerintah kabupaten.

"Mereka semua senantiasa memberi dukungan dan mengirimnya ke berbagai kejuaraan mewakili daerah," demikian Rita.