Ini yang harus diperhatikan masyarakat saat pemilu, kata Bupati Barsel

id Politik,Pemilu,Partai,Barsel,Buntok,Barito selatan,2019,Partisipasi,Pemilih pemula,Pemahaman,Pileg,Pilpres,Eddy raya samsuri

Ini yang harus diperhatikan masyarakat saat pemilu, kata Bupati Barsel

Acara coffee morning dan sosialisasi peningkatan partisipasi pemilih pemilu 2019 yang berlangsung di aula Bappeda Barito Selatan, Buntok, (19/2/2019). (Foto Antara Kalteng / Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Selatan Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengatakan, masyarakat harus memahami politik dengan benar agar penyelenggaraan pemilu serentak 2019 sukses terlaksana.

"Caranya adalah dengan memahami apa saja yang menjadi faktor dominan yang memengaruhi pemahaman politik tersebut," katanya saat membuka coffee morning dan sosialisasi peningkatan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 di Buntok, Selasa.

Faktor dominan ini, meliputi pendidikan, lingkungan, jenis kelamin, keturunan dan mata pencaharian. Semuanya dinilai berkaitan dan saling memengaruhi, sehingga menjadi penentu pemahaman seseorang terhadap politik.

Disamping lima faktor tersebut lanjut dia, budaya atau kebiasaan juga memiliki peran besar dalam memberikan pemahaman masyarakat terhadap politik.

"Sebab budaya politik merupakan sikap orientasi warga negara terhadap sistem politik dan ragam bagian didalamnya," terangnya.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi dari setiap pemangku kepentingan ataupun berbagai pihak yang terlibat dalam pemilu.

Dalam kegiatan ini juga diberikan pendidikan politik, khususnya bagi siswa SMA sederajat yang berusia 17 tahun. Mereka masuk dalam kategori pemilih pemula dan perlu mendapatkan pemahaman yang tepat terkait politik maupun pemilu.

"Siswa selaku pemilih pemula dan masyarakat secara umum, diharapkan bisa melek politik. Caranya adalah dengan berpartisipasi secara aktif terhadap ragam kegiatan politik ataupun pemilu," terang Eddy.

Ia berharap, kegiatan yang dilaksanakan tersebut, mampu mengubah pola pikir masyarakat dalam berpolitik, yaitu dengan menumbuhkan budaya politik yang transparan dan sehat.

Kegiatan coffee morning dan sosialisasi peningkatan partisipasi pemilih pada pemilu 2019 yang berlangsung di aula kantor Bappeda Barsel, dihadiri Ketua Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, tokoh masyarakat, pelajar serta sejumlah pejabat dari Pemerintah Provinsi Kalteng.