RSUD Murjani Sampit didorong tingkatkan kualitas pelayanan

id RSUD Murjani Sampit didorong tingkatkan kualitas pelayanan,Bupati Kotim,Supian Hadi,Sampit,Kotawaringin Timur,Kotim

RSUD Murjani Sampit didorong tingkatkan kualitas pelayanan

Bupati H Supian Hadi saat menyambut Tim Surveior Akreditasi SNARS yang datang melakukan penilaian di RSUD dr Murjani Sampit, belum lama ini. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Manajemen RSUD dr Murjani Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah didorong terus meningkatkan kualitas pelayanan untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan yang terus meningkat.

"Jangan sampai nanti jadi bumerang. Kita membangun rumah sakit dengan sangat megah, tapi pelayanannya kurang maksimal. Makanya pembangunan fisik juga harus diimbangi peningkatan kualitas pelayanan," kata Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi di Sampit, Jumat.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur terus membenahi dan meningkatkan fasilitas RSUD dr Murjani Sampit. Peningkatan rumah sakit yang terletak di Jalan HM Arsyad itu juga untuk memenuhi kebutuhan pelayanan yang terus meningkat.

Setelah membangun tiga gedung baru berlantai dua dan tiga di bagian belakang dan tengah, kini pembangunan fisik dilanjutkan. Saat ini sedang dibangun dua bangunan baru berlantai lima di bagian depan areal rumah sakit tersebut.

Pembangunan dua gedung baru itu diperkirakan rampung dan difungsikan pada 2020 nanti. Sebelum itu, persiapan diharapkan sudah dilakukan, seperti perekrutan tenaga medis yang dibutuhkan sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan secara optimal.

Pembangunan sejumlah gedung baru itu untuk menambah kapasitas karena selama ini pasien yang berobat ke rumah sakit tersebut sering melebihi kapasitas sehingga tidak jarang sebagian terpaksa dirawat di selasar atau lorong rumah sakit.

Selain itu, pembangunan gedung baru juga untuk meningkatkan pelayanan agar layanan yang disediakan makin lengkap, ditambah sarana pendukung lainnya sehingga pasien yang berobat dan keluarga mereka semakin nyaman.

"Kalau sudah selesai, ini akan menjadi rumah sakit termegah di Kalteng. Selama kepemimpinan kami dua periode, sudah lebih Rp500 miliar digelontorkan untuk meningkatkan RSUD Murjani Sampit. Makanya saya minta pelayanannya juga harus ditingkatkan. Dokter spesialis yang dibutuhkan juga harus ada dan lengkap," harap Supian.

Untuk kemudahan dan pemerataan pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Kotawaringin Timur, pemerintah daerah juga akan membangun sejumlah rumah sakit pratama. Selama ini selain RSUD dr Murjani Sampit, sudah ada rumah sakit pemerintah untuk melayani kesehatan di kawasan Utara yaitu Rumah Sakit Pratama H Supian Hadi Parenggean.

Selain itu, saat ini juga mulai dioperasikan Rumah Sakit Pratama Samuda di Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Rumah sakit ini masih dioperasikan secara terbatas karena memang belum diresmikan dan masih melengkapi saran dan tenaga kesehatan.

Dua rumah sakit lainnya juga segera dibangun yaitu di Desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu dan Desa Sebabi Kecamatan Telawang. Pembangunan semua rumah sakit pratama itu agar masyarakat makin mudah menjangkau fasilitas kesehatan sehingga risiko kematian bisa diturunkan.

"Lima penjuru ada rumah sakitnya sehingga masyarakat makin mudah jika ingin berobat. Kami berharap ini bisa menunjang upaya pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," demikian Supian.