Cara atasi sakit kepala akibat melihat layar komputer

id sakit kepala,menatap layar komputer,Cara atasi sakit kepala akibat melihat layar komputer

ilustrasi (Pixabay/@lukasberi)

Palangka Raya (ANTARA) - Umumnya, sakit kepala akibat terlalu lama melihat layar komputer disebabkan oleh mata yang kurang beristirahat. Itu sebabnya, salah satu cara paling ampuh mengatasi masalah ini adalah beristirahat.

Selain menjauhkan diri layar komputer, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut.

1. Latihan pernapasan
Pada saat sedang duduk di depan layar komputer, cobalah untuk melakukan latihan pernapasan sambil menutup mata.

Mulailah mengambil napas dengan panjang dan perlahan beberapa kali, lalu buang secara perlahan. Lakukan hal ini beberapa kali sampai sakit kepala Anda terasa berkurang.

Baca juga: Fakta terkait sakit kepala setelah minum air es

2. Meditasi
Meditasi di kantor? Tentu saja bisa. Hal ini dapat dilakukan secara sederhana dengan berfokus pada hal-hal yang membuat Anda nyaman. Mulai dari lingkungan, alam sekitar, atau apa pun yang menjauhkan diri Anda dari tumpukan pekerjaan.

Walaupun hanya dapat dilakukan di waktu senggang, setidaknya dengan melakukan meditasi, rasa sakit kepala yang muncul akibat terus-menerus menatap layar komputer dapat sedikit teratasi.

3. Memperbaiki postur tubuh
Pada saat bekerja di balik komputer, terkadang postur tubuh Anda salah, sehingga berdampak pada rasa sakit di kepala. Misalnya, posisi leher yang tidak nyaman dapat membuat area kepala Anda terasa tertekan.

Oleh karena itu, memperbaiki postur tubuh menjadi salah satu cara mengatasi sakit kepala saat melihat layar komputer. Hal tersebut dapat dilakukan dengan:
  • Memosisikan layar komputer sejajar dengan mata Anda. Setidaknya, bagian tengah layar berjarak 50-60 cm dari mata Anda.
  • Memeriksa posisi bahu saat sedang mengetik. Jika tidak terasa nyaman, cobalah untuk lebih rileks.
  • Usahakan agar lengan tidak tertumpu pada keyboard.
  • Mengatur tinggi kursi agar kaki Anda dapat menapak di lantai.

4. Mengatur pencahayaan komputer
Selain postur dan posisi layar, Anda juga dapat mengatur pencahayaan komputer agar sakit di kepala akibat melihat layar komputer dalam waktu lama dapat terasa lebih ringan.

Baca juga: Cara atasi migrain tanpa obat

Jika terlalu terang, mata Anda akan memperoleh terlalu banyak cahaya dan membuat mata sakit. Sebaliknya, terlalu gelap pun menyulitkan Anda untuk melihat, dan membuat mata bekerja lebih keras dan berujung sakit kepala.

5.  Minum obat
Jika sakit kepala tidak kunjung reda bahkan sampai mengganggu aktivitas serta pekerjaan Anda, mungkin mengonsumsi obat dapat menjadi salah satu jalan keluarnya.

Berikut ini beberapa obat-obatan yang dapat mengatasi sakit kepala akibat menatap layar komputer:
  • Acetaminophen
  • Aspirin
  • Kafein
  • Ibuprofen
  • Naproxen

Menonton TV atau menatap layar komputer yang memancarkan sinar radiasi memang dapat membuat mata dan kepala sakit. Itu sebabnya, beristirahatlah sebelum gejalanya semakin memburuk.  

Jika sakit kepala yang Anda alami tak kunjung hilang hingga berminggu-minggu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui perawatan yang tepat.

Baca juga: Benarkah sakit kepala tidak selalu jadi tanda hipertensi?
Baca juga: Cara cepat atasi sakit kepala di siang hari
Baca juga: Kenali penyebab sakit kepala setelah keramas

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar