Waktu yang salah untuk gunakan hand sanitizer

id Hand sanitizer, pembersih tangan ,cuci tangan

Waktu yang salah untuk gunakan hand sanitizer

Ilustrasi seorang anak menggunakan hand sanitizer di sebuah restoran (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Hand sanitizer tidak bisa Anda gunakan untuk semua kondisi, salah satunya saat ada kotoran di tangan Anda, menurut dr Dewi Ema Anindia.

"Kalau di tangan ada kotoran (yang terlihat) tetap menggunakan air mengalir dan sabun," ujar dia di sela peluncuran varian terbaru Antis di Jakarta, Jumat.

Hand sanitizer bisa Anda gunakan saat tampak tak ada kotoran di telapak tangan dan terasa kurang bersih misalnya usai berjabat tangan dengan seseorang atau memegang permukaan suatu benda.

"Kalau enggak kelihatan kotoran tetapi masih merasa kurang higienis misalnya habis dari toilet, bisa pakai hand sanitizer," tutur Dewi.

Dia tak menampik, kandungan alkohol dalam hand sanitizer bisa membuat kulit kering. Namun hal ini tidak masalah bagi mereka yang kulitnya tak sensitif.

Saat ini ada beragam produk hand sanitizer yang tersedia di pasaran dengan tambahan kandungan, salah satunya teh melati, yang diklaim selain mematikan kuman dan virus penyebab penyakit terutama diare dan flu juga menutup bau.