Korem 102 Panju Panjung : Jadikan peserta SMN Sumsel generasi unggul

id Smn, siswa mengenal nusantara, angkasa pura 2, angkasa pura II, palangka raya, kalteng, kalimantan tengah, sumatera selatan, sumsel, palembang, bela n

Korem 102 Panju Panjung : Jadikan peserta SMN Sumsel generasi unggul

Para peserta SMN Sumsel saat berada di Korem 102 Panju Panjung, Palangka Raya, Kamis, (15/8/2019). (Foto Antara Kalteng/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Sumatera Selatan yang berada di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah telah diterima pihak Korem 102 Panju Panjung untuk mengikuti rangkaian kegiatan selanjutnya.

"Kami merasa terhormat, karena TNI dipercaya sebagai motivator peserta SMN. Melalui sejumlah rangkaian kegiatan, diharapkan peserta memiliki dasar yang kuat untuk menjadi generasi unggul," kata Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Saiful Rizal melalui Kasiter Letkol Inf Abdul Salim di Palangka Raya, Kamis.

Menurutnya, generasi unggul ditandai oleh sejumlah hal, meliputi pengalaman, pendidikan dan pengembangan diri. Pengalaman ada untuk dicerna, sebagai sesuatu yang positif untuk memunculkan ide baru kedepannya.

Kemudian pendidikan, sebagai modal penting meningkatkan kualitas seseorang, serta pengembangan diri, diperlukan untuk mengembangkan pengalaman maupun pendidikan yang telah didapat menuju tingkatan yang lebih tinggi.

"Untuk itu, peserta SMN kami dorong, agar memiliki kemauan yang kuat untuk menjadikan diri lebih baik dibandingkan sebelumnya. Kemauan itu harus terus ada dan diperjuangkan, jangan sampai surut," jelasnya saat menerima peserta SMN Sumsel.

Pihaknya telah menyiapkan sejumlah kegiatan untuk dilaksanakan bersama seluruh peserta SMN Sumsel, mulai dari pembekalan bela negara, latihan baris berbaris dan lainnya. Semua itu telah diukur dan disesuaikan dengan kapasitas maupun kemampuan para peserta.

Sementara itu perwakilan Garuda Indonesia selaku CO-PIC kegiatan SMN di Kalteng, Ambar Dewi Pratiwi menjelaskan, melalui sejumlah kegiatan yang dilaksanakan bersama TNI, diharapkan peserta SMN menjadi generasi muda yang benar-benar unggul, berdaya saing, berdaya juang serta disiplin.

Diketahui bersama, bahwa generasi muda saat ini sangat dekat dengan kemajuan teknologi informasi yang biasa diakses dengan telepon pintar atau smartphone. Banyak hal positif yang dapat diakses, namun ada pula dampak negatifnya.

"Tentunya jika tidak diawasi dan memiliki kontrol diri yang baik, mereka berpotensi untuk menyalahgunakan kemajuan teknologi tersebut. Jadi melalui kegiatan ini, kami harap mereka bisa memilah mana yang baik dan buruk," tuturnya yang menjabat sebagai CSR dan PKBL Garuda Indonesia.

Para peserta SMN diharapkan mampu memaksimalkan waktu yang diberikan bersama TNI, untuk mengenali potensi dirinya dengan baik dan bisa menentukan arah masa depan yang diinginkan, sebagai generasi unggul penerus bangsa.