Presiden berpidato, sejumlah anggota DPRD Kotim sibuk dengan ponsel

id Presiden berpidato, sejumlah anggota DPRD Kotim sibuk dengan ponsel,DPRD Kotim,Pidato kenegaraan,Sampit,Kotawaringin Timur,Kotim

Presiden berpidato, sejumlah anggota DPRD Kotim sibuk dengan ponsel

Sejumlah anggota DPRD menggunakan ponsel saat rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato kenegaraan presiden RI Joko Widodo sedang berlangsung, Jumat (16/8/2019). (Foto Istimewa)

DPRD harus bisa jadi contoh. Kami akan sampaikan nanti agar setiap kegiatan, tidak ada anggota yang memainkan ponsel, nanti tata tetib kita sampaikan. Apalagi masih banyak anggota dewan yang baru

Sampit (ANTARA) - Ketua Sementara DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Rimbun menyayangkan masih adanya sejumlah anggota dewan yang sibuk bermain telepon seluler saat rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo.

"Mungkin mereka anggota dewan yang baru itu belum memahami aturan dan tata tertib DPRD. Meski demikian, kami akan memberikan teguran dan peringatan kepada mereka yang melakukan pelanggaran tersebut," tegas Rimbun di Sampit, Jumat.

Sidang paripurna istimewa mendengarkan pidato presiden ini merupakan perdana diikuti anggota dewan periode 2019-2024 yang baru dilantik Rabu (14/8) lalu.

Menurut Rimbun, pidato kenegaraan yang disampaikan Presiden Joko Widodo seharusnya didengarkan secara hikmat oleh seluruh peserta rapat paripurna istimewa karena banyak hal yang penting dan perlu diserap serta dicermati, meski mereka hanya menyaksikan melaluinya layar visual.

Rimbun berharap kejadian serupa tidak terulang. Untuk itu dalam waktu dekat ini dirinya akan memberikan peringatan kepada seluruh anggota dewan yang ada di lembaga legislatif itu.

"DPRD harus bisa jadi contoh. Kami akan sampaikan nanti agar setiap kegiatan, tidak ada anggota yang memainkan ponsel, nanti tata tetib kita sampaikan. Apalagi masih banyak anggota dewan yang baru," tegasnya.

Jika tata tertib itu sudah disampaikan namun tidak dilaksanakan, maka bisa ditindaklanjuti oleh Badan Kehormatan DPRD untuk disikapi sesuai aturan.

Sementara itu, hal yang sama juga dilakukan oleh beberapa tamu dari kalangan pimpinan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD).
Mereka tampak asyik memainkan ponselnya masing-masing, bahkan ada yang bermain game meski acara rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo yang ditampilkan melalui layar lebar, sedang berlangsung.

Beberapa tamu SOPD yang saat itu hadir dalam rapat paripurna istimewa juga ada yang asyik ngobrol dengan rekan atau kepala SOPD lainnya yang ada di samping mereka. Hanya beberapa dari mereka yang betul-betul memperhatikan jalannya acara itu.

Peserta rapat paripurna istimewa dari SOPD juga asyik bermain ponsel. (Foto Istimewa)

Sementara itu, pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo sempat disambut riuh tepuk tangan peserta rapat paripurna istimewa, ketika presiden yang terpilih untuk kedua kalinya itu menyatakan akan memindah ibu kota pemerintahan negara ke Pulau Kalimantan.

Meski belum ada kepastian ke daerah mana nantinya ibu kota pemerintahan negara dipindahkan, para anggota dewan, Bupati Kotim Supuan Hadi, pimpinan SOPD dan peserta rapat paripurna istimewa lainnya berharap janji Presiden Joko Widodo tersebut nantinya bisa terwujud.

Baca juga: 40 anggota DPRD Kotim periode 2019-2024 resmi bertugas


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar