Pemkab Kotim diminta menyiapkan bus sekolah di kecamatan

id Pemkab Kotim diminta menyiapkan bus sekolah di kecamatan,DPRD Kotim,Reses,Pendidikan,Gerindra,Ary Dewar,Sampit

Pemkab Kotim diminta menyiapkan bus sekolah di kecamatan

Anggota DPRD Kotawaringin Timur H Ary Dewar (tengah kemeja putih) saat reses perseorangan di Desa Bukit Raya Kecamatan Cempaga Hulu, Rabu (6/11/2019). ANTARA/HO- Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah diminta memberikan kemudahan akses pendidikan bagi anak-anak di kawasan luar kota dengan menyediakan bus sekolah di kecamatan-kecamatan yang membutuhkan.

"Permintaan bus sekolah itu salah satunya disampaikan masyarakat saat saya melaksanakan reses perseorangan di Desa Bukit Raya Kecamatan Cempaga Hulu. Ini harus menjadi perhatian karena memang sangat dibutuhkan," kata anggota DPRD Kotawaringin Timur H Ary Dewar di Sampit, Kamis.

Sejak awal pekan tadi, 40 anggota DPRD Kotawaringin Timur melaksanakan reses perseorangan ke daerah pemilihan masing-masing. Ary Dewar turun ke wilayahnya di daerah pemilihan 4 yang meliputi Kecamatan Cempaga Hulu, Cempaga, Kota Besi dan Telawang.

Dia berkunjung ke sejumlah desa untuk bertemu dan menyerap aspirasi masyarakat. Reses ini juga sekaligus memantau pelaksanaan program pembangunan di daerah pemilihannya.

Banyak aspirasi disampaikan masyarakat saat mereka berdialog dengan Ary Dewar. Masyarakat berharap DPRD dengan kewenangannya bisa menjembatani agar usulan-usulan yang disampaikan kepada pemerintah daerah bisa direalisasikan. 

Masalah infrastruktur masih menjadi isu utama yang banyak disampaikan masyarakat, selain bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Masih banyak jalan dan sarana pendukung lainnya yang perlu dibangun.

Luasnya wilayah Kotawaringin Timur menjadi salah satu tantangan bagi pemerintah dalam mewujudkan pemerataan kualitas pendidikan. Selain bangunan sekolah, sarana transportasi juga harus menjadi perhatian agar pelajar tidak sampai terhambat ke sekolah karena jauhnya lokasi dengan rumah mereka.

Baca juga: DPRD Kotim dukung Kejari bongkar dugaan korupsi relokasi Pasar Keramat
Baca juga: Keluhkan aktivitas truk CPO, warga Tanah Mas mengadu ke legislator Kotim


Menurut politisi yang menjabat Ketua DPC Partai Gerindra Kotawaringin Timur yang juga Ketua Fraksi Gerindra ini, antusias anak-anak di kecamatan untuk sekolah sangat tinggi. Kondisi ini harus disambut dengan penyediaan kemudahan akses pendidikan oleh pemerintah pusat dan daerah.

Pendidikan sangat penting karena berpengaruh terhadap tingkat perekonomian. Masyarakat yang sumber daya manusianya bagus, biasanya akan lebih mudah ketika bersaing meraih peluang kerja maupun menciptakan lapangan kerja.

"Saya berharap penyediaan bus sekolah di kecamatan bisa diwujudkan meski bertahap. Bisa pula diambil solusi dengan menggandeng dunia usaha menyiapkan bus sekolah, selain memang kewajiban mereka terhadap karyawan perusahaan mereka sendiri," sambung Ary Dewar.

Ary Dewar menambahkan, aspirasi lain yang disampaikan masyarakat adalah terkait ketersediaan rumah ibadah. Masyarakat berharap pemerintah daerah membangun rumah ibadah di lokasi permukiman yang membutuhkan.

Baca juga: Banyak usulan anggaran dipangkas akibat beban APBD Kotim terlalu berat

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar